Banyak Berdiri di Tempat Kerja Lebih Menyehatkan Tubuh

Kompas.com - 07/07/2020, 21:16 WIB
Ilustrasi bekerja berdiri monkeybusinessimagesIlustrasi bekerja berdiri
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Duduk terlalu lama saat berada di kantor tentu dapat membuat tubuh merasa pegal. Namun di samping itu, ada bahaya yang mengintai.

Menurut studi yang diterbitkan di acpjournals.org, kita berisiko mengalami gangguan kesehatan jika duduk terlalu lama saat bekerja. Risiko itu antara lain obesitas atau kegemukan, penyakit jantung, diabetes, serta kanker.

Namun, studi yang sama menunjukkan, lebih banyak berdiri dan bergerak saat bekerja akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh kita.

Studi ini melibatkan lebih dari 300 pekerja di Denmark, dan dibagi ke dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta lebih banyak berdiri dan duduk lebih sedikit. Mereka disarankan menggunakan meja berdiri dan meja rapat berdiri.

Sedangkan, kelompok kedua diminta untuk bekerja seperti biasa.

Di kelompok pertama, terjadi pengurangan waktu duduk di tempat kerja 71 menit dalam satu bulan dan 48 menit pada tiga bulan.

"Mereka tidak menurunkan berat badan, tetapi mereka membangun lebih banyak otot dan kehilangan sedikit lemak," kata pakar kesehatan Michael Roizen, MD, yang mengomentari penelitian ini.

"Itu adalah hal yang baik untuk kesehatan jangka panjang kita."

Peningkatan otot dan kehilangan lemak pada kelompok pertama tergolong minimal, tetapi relatif signifikan secara statistik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X