Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Sembuh dari HIV Berkat Terapi Kombinasi Obat

Kompas.com - 08/07/2020, 15:49 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber FOXNEWS

KOMPAS.com – Seorang pria Brasil kemungkinan telah bersih dari infeksi HIV setelah melakukan terapi kombinasi beberapa obat. Penelitian menyebut, virus HIV telah dienyahkan keluar dari tubuhnya.

Pasien yang berasal dari Kota Sao Paulo yang namanya dirahasiakan itu mendapat kombinasi obat antiretroviral (ARV) dan nicotinamide untuk mengusir virus yang berdiam di dalam sel-selnya. Pria tersebut terdiagnosis HIV pada Oktober 2012.

Hasil pemeriksaan tes darah yang biasa dilakukan untuk mendeteksi HIV tidak dapat menemukan adanya virus. Demikian menurut peneliti dari Universitas Federal Sao Paulo, dalam laporan yang dimuat di New York Times. Kadar antibodi virus juga tidak terdeteksi.

Baca juga: 4 Tahapan Infeksi HIV Menjadi AIDS

Sejumlah ilmuwan mendiskusikan temuan ini dalam Konferensi Internasional AIDS ke-23 yang tahun ini dilakukan secara virtual karena pandemi.

Sebelum pria asal Brasil, sebelumnya ilmuwan juga mencatat “kesembuhan” HIV pada pria yang mendapatkan cangkok tulang sumsum dari dua orang. Operasi tersebut berhasil memberikan remisi jangka panjang (penyakit tidak kambuh).

Walau begitu, operasi transplantasi semacam itu sangat beresiko, mahal, dan rumit. Sebaliknya dengan terapi kombinasi obat yang dianggap lebih realistis bagi 38 juta orang dengan infeksi HIV di seluruh dunia.

Menurut Science Magazine, pasien di Sao Paulo itu kini telah 66 minggu tidak memiliki gejala infeksi HIV.

Kendati demikian, eksperimen yang sama gagal pada empat pasien lainnya karena virusnya kembali lagi setelah terapi dihentikan.

Para ahli menyambut gembira dengan hasil tersebut, terutama dengan temuan tidak adanya antibodi HIV. Walau begitu masih terlalu awal untuk menyebut pasien tersebut sembuh dari HIV.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Kemiripan Virus Corona dan HIV Menyerang Sel Imun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FOXNEWS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com