Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Saat Berkencan, Kita Mungkin Tidak Selalu Memilih Tipe Tertentu

Kompas.com - 08/07/2020, 18:36 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber FOXNEWS

KOMPAS.com - Barangkali kita sering mendengar bahwa setiap orang mempunyai tipe atau kriteria tertentu saat memilih lawan jenis.

Namun, hal itu tak sepenuhnya benar. Studi terbaru menunjukkan, kualitas yang dicari orang saat bertemu calon pasangannya cenderung lebih umum dan tidak spesifik.

Studi ini dilakukan para peneliti dari University of California, Davis, dan diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology.

"Orang-orang cenderung berpikir jika mereka menemukan pasangan yang cocok dengan semua kriteria yang mereka cari, itu akan mengarah pada hubungan yang baik dan bahagia." kata penulis utama studi Jehan Sparks kepada New York Post.

Kenyataannya, kebanyakan orang kemudian menikah dengan pasangan yang bukan benar-benar mirip seperti apa yang dicarinya.

Dalam studi tersebut, peneliti meminta lebih dari 700 peserta mencantumkan tiga sifat yang dicari pada calon pasangan, misalnya suka bercanda, berpenampilan menarik atau seseorang yang penuh rasa ingin tahu.

Subjek diminta tidak hanya mengurutkan hasrat romantis mereka untuk bersama seseorang berdasarkan jawaban mereka, tetapi juga sifat-sifat yang diinginkan oleh peserta lain.

Ternyata studi menemukan, sifat-sifat yang diinginkan peserta dapat dipengaruhi ketika mereka melihat apa yang diinginkan orang lain.

"Kriteria yang kita cari dalam pasangan mungkin tidak lagi terlalu penting bila kita kemudian menemukan kriteria positif lain yang diakui secara umum," kata Sparks kepada New York Post.

Bisa saja seseorang mengaku menyukai lawan jenis yang cerdas, namun akhirnya jatuh cinta pada mereka yang mempunyai karakter lucu.

Baca juga: 10 Tanda Hubungan dengan Pasangan Sudah Di Ujung Tanduk


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FOXNEWS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com