Kompas.com - 08/07/2020, 18:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Barangkali kita sering mendengar bahwa setiap orang mempunyai tipe atau kriteria tertentu saat memilih lawan jenis.

Namun, hal itu tak sepenuhnya benar. Studi terbaru menunjukkan, kualitas yang dicari orang saat bertemu calon pasangannya cenderung lebih umum dan tidak spesifik.

Studi ini dilakukan para peneliti dari University of California, Davis, dan diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology.

"Orang-orang cenderung berpikir jika mereka menemukan pasangan yang cocok dengan semua kriteria yang mereka cari, itu akan mengarah pada hubungan yang baik dan bahagia." kata penulis utama studi Jehan Sparks kepada New York Post.

Kenyataannya, kebanyakan orang kemudian menikah dengan pasangan yang bukan benar-benar mirip seperti apa yang dicarinya.

Dalam studi tersebut, peneliti meminta lebih dari 700 peserta mencantumkan tiga sifat yang dicari pada calon pasangan, misalnya suka bercanda, berpenampilan menarik atau seseorang yang penuh rasa ingin tahu.

Subjek diminta tidak hanya mengurutkan hasrat romantis mereka untuk bersama seseorang berdasarkan jawaban mereka, tetapi juga sifat-sifat yang diinginkan oleh peserta lain.

Ternyata studi menemukan, sifat-sifat yang diinginkan peserta dapat dipengaruhi ketika mereka melihat apa yang diinginkan orang lain.

"Kriteria yang kita cari dalam pasangan mungkin tidak lagi terlalu penting bila kita kemudian menemukan kriteria positif lain yang diakui secara umum," kata Sparks kepada New York Post.

Bisa saja seseorang mengaku menyukai lawan jenis yang cerdas, namun akhirnya jatuh cinta pada mereka yang mempunyai karakter lucu.

Baca juga: 10 Tanda Hubungan dengan Pasangan Sudah Di Ujung Tanduk


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber FOXNEWS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.