7 Makanan yang Diklaim Sehat Ini Ternyata Kurang Bernutrisi

Kompas.com - 09/07/2020, 08:27 WIB
ilustrasi makanan olahan shutterstockilustrasi makanan olahan

KOMPAS.com - Makanan yang kamu makan setiap hari mungkin tampak sehat pada tampilannya. Namun tidak semua yang tampak sehat itu benar-benar memiliki nutrisi yang sepadan dengan kemasan atau penampakannya.

Pada beberapa makanan yang terlihat bergizi, bahkan terdapat efek samping yang tidak diinginkan atau mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan kita.

Memang baik mencari tahu apa kandungan makanan yang kamu konsumsi dengan melihat pada label kemasan. Tapi sebaiknya, kamu jangan tertipu dengan label tersebut karena banyak di antaranya sekedar promosi dagang.

Hanya karena label menuliskan klaim bahwa produknya sehat, bukan berarti kita harus percaya.

Ada baiknya kita melakukan pengecekan lebih dalam terkait nutrisi yang dikandung di dalamnya.

Baca juga: 6 Makanan Sehat yang Tak Selalu Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah makanan yang diklaim sehat padahal kurang bernutrisi atau bisa disebut sebagai junk food.

1. Dressing salad komersial

Tidak diragukan lagi, sayur-sayuran memang sangat sehat dan baik bagi tubuh. Biasanya, untuk menambahkan rasa dalam salad sayuran, kebanyakan orang akan menambahkan salad dressing.

Sayangnya, banyak salad dressing diisi dengan gula, minyak sayur, lemak trans dan bahan-bahan tidak sehat lainnya, selain berbagai bahan kimia buatan.

Karena kandungan tidak sehat tersebut, dressing salad komersial dapat meniadakan manfaat kesehatan yang kamu dapatkan dari salad sayuran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X