Kompas.com - 09/07/2020, 09:25 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com - Hubungan yang sehat didasari oleh cinta, rasa hormat, kepercayaan, dan keyakinan. Ketika semua aspek tersebut dipenuhi oleh kedua belah pihak, maka akan tercipta hubungan yang sehat dan bahagia.

Transparansi terhadap pasangan juga merupakan aspek penting, terutama ketika hubungan sudah melangkah ke jenjang yang lebih serius, yakni ke jenjang pernikahan.

Namun, saling terbuka bukan berarti masing-masing tidak lagi memiliki ruang pribadi.

Tak jarang ini dilanggar oleh sebagian orang. Sebagai contoh, sebagian orang memiliki kebiasaan mengecek ponsel pasangan dan menjadikan itu sebagai hal yang wajar.

Ini menjadi masalah ketika dibarengi dengan komunikasi yang tidak baik antara satu sama lain dan minimnya rasa saling percaya.

Baca juga: 10 Tanda Hubungan dengan Pasangan Sudah Di Ujung Tanduk

Jika hal ini terjadi dalam hubunganmu, maka pada akhirnya kalian akan saling curiga satu sama lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pernikahan didasari oleh banyak aspek dan saling menerima satu sama lain. Ketika kepercayaan sudah rusak, hasilnya akan cukup drastis terhadap hubungan itu.

Menurut psikolog dan co-founder ListenWorks, Puja Dedhia, jika di dalam hubunganmu terjadi kondisi seperti ini, segeralah perbaiki dan bangun pola komunikasi yang terbuka bersama pasangan.

"Langkah pertama untuk menyelesaikan masalah adalah dengan memiliki komunikasi terbuka tentang kekhawatiran yang mungkin dimiliki pasangan tentang status hubungan, bukan justru saling menyalahkan. Karena sikap tersebut akan semakin memperburuk hubungan," ungkapnya, seperti dilansir Times of India.

Baca juga: 5 Tanda Hubungan Sehat Bersama Pasangan, Coba Perhatikan

Setelah memastikan komunikasi sudah membaik, barulah kamu dan pasangan bisa mencari solusi selanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.