KILAS

Penting, Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan dengan Pasangan Sebelum Menikah dan Menjadi Orangtua?

Kompas.com - 09/07/2020, 14:38 WIB
Ilustrasi menikah ShutterstockIlustrasi menikah
|

KOMPAS.com – Sebelum memutuskan menikah dan menjadi orangtua, ada banyak hal yang perlu didiskusikan dengan pasangan. Terutama karena setiap pasangan mengharapkan rumah tangga yang langgeng.

Untuk itu, kesiapan yang dibutuhkan bukan hanya satu dua hal, tapi bisa beragam. Apalagi, tak mudah untuk menyatukan visi dalam sebuah ikatan.

Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) juga mesti berpikir demikian ya. Nah, untuk mempersiapkan hal itu dengan matang, berikut beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sejak awal:

1. Tes Kesehatan

Tes kesehatan pada sepasang kekasih yang memutuskan untuk menikah sangat penting demi kebaikan bersama.

Jangan lupa untuk melakukan tes kesehatan pranikah ya. Hal ini bisa membantu Anda sebagai bagian dari persiapan kehamilan sehat juga lho.

Di antara pemeriksaan yang penting adalah ada tidaknya infeksi saluran reproduksi, serta infeksi penyakit menular seksual (ISR/PMS).

Baca juga: Bahaya Pernikahan Dini Sebagai Penyebab Stunting

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuannya, menghindari penularan penyakit lewat hubungan seksual, seperti sifilis, gonorrhea, Human Immunodeficiency Virus (HIV), dan penyakit hepatitis.

Pemeriksaan kesehatan pranikah juga dapat mendeteksi kemungkinan penyakit yang bisa diturunkan secara genetik kepada calon anak.

Penting untuk memeriksa kesehatan saluran reproduksi Anda dan pasangan sehingga persiapan kehamilan dapat optimal guna memperoleh keturunan yang sehat.

2. Diskusi keuangan

Layaknya bahan bakar bagi sebuah kendaraan, keuangan adalah hal vital bagi sebuah keluarga.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X