Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Inspirasi Pekerjaan untuk Menambah Penghasilan

Kompas.com - 09/07/2020, 18:51 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama berbulan-bulan. Tidak sedikit orang-orang yang terdampak, penghasilannya berkurang, bahkan kehilangan pekerjaannya.

Bagi kamu yang saat ini membutuhkan penghasilan tambahan, komunitas kecantikan untuk para muslimah, Muslima Beauty (muslimabeauty.id) membagikan beberapa saran pekerjaan yang bisa kamu coba selama pandemi.

1. Penulis lepas

Menulis bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan. Ada banyak media online, baik lokal maupun internasional, hingga platform komunitas yang memfasilitasi penulis lepas.

Muslima Beauty, salah satunya. Kamu bisa menulis artikel tentang kecantikan, kesehatan, hingga tips untuk laman muslimabeauty.id.

Di platform ini, kamu tidak hanya bisa menulis artikel tetapi juga membuat forum, hingga me-review produk kecantikan muslim friendly yang sedang tren.

Setiap aktivitas yang kamu lakukan mulai dari menulis artikel atau hanya sekadar komen akan mendapatkan reward point. Reward point yang kamu kumpulkan bisa ditukar berupa uang tunai dan produk kecantikan.

Head of Muslima Beauty Mika Isriantini mengatakan, platform ini didirikan untuk memfasilitasi para beauty enthuasiast, khususnya yang menyukai dunia menulis agar lebih berkembang.

Bedanya, kategori product review di situs ini hanya menampilkan produk kecantikan yang moslem friendly.

“Jadi, tidak semua brand bisa tampil di platform ini. Ini juga yang menjadi pembeda platform Muslima Beauty dengan platform lainnya,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: 8 Jenis Pekerjaan yang Muncul karena Pandemi Covid-19


2. Youtuber atau influencer

Nah, jika kamu ingin membuat konten namun tidak memiliki banyak pengalaman dan kehalian di bidang menulis, kamu bisa membuat konten dan kemudian mengunggahnya di YouTube atau Instagram.

Semakin banyak yang tertarik dengan kontenmu, kesempatan kamu mendapatkan penghasilan tambahan akan semakin besar.

Bergabung dengan komunitas sesuai bidang yang ditekuni akan sangat membantu dalam menambah followers, subscribers dan likes.

3. Jualan online

Tak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki modal yang besar. Jualan online bisa dimulai dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Kamu bisa juga menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai secara online, dengan memanfaatkan kemampuan yang ada. Misalnya, menjual aksesori, pakaian, alat masak, dan lainnya.

Baca juga: Jago Teknologi, Apa Pekerjaan yang Kelak Dipilih Generasi Alfa?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com