Virgil Abloh Beri Beasiswa Rp 14 Miliar untuk Kreator Berkulit Hitam

Kompas.com - 10/07/2020, 23:19 WIB
Virgil Abloh. Getty ImagesVirgil Abloh.

KOMPAS.com - Di AS, pendidikan didistribusikan secara tidak merata, sehingga menghasilkan ketimpangan.

Hal inilah yang coba diubah oleh perancang busana Louis Vuitton dan Off-White, Virgil Abloh.

Beberapa waktu lalu, Abloh mengumumkan dana beasiswa awal bernilai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 14 miliar). Dana ini akan diberikan kepada kreator berkulit hitam, Afrika-Amerika, atau keturunan Afrika.

Baca juga: Virgil Abloh Lelang Kolaborasi Air Jordan 4 untuk Amal

Diberi nama Virgil Abloh "Post-Modern" Scholarship Fund, dana itu merupakan kontribusi Abloh, dan pendanaan lebih lanjut dari mitranya Louis Vuitton, Evian, dan New Guards Group, serta ritel fesyen mewah Farfetch.

Virgil Abloh "Post-Modern" Scholarship Fund akan bekerja sama dengan Fashion Scholarship Fund (awalnya bernama Young Menswear Association), yang beroperasi di AS sejak 1937 untuk menciptakan peluang bagi kreasi-kreasi fesyen anak muda AS dari segala latar belakang.

"Dengan metrik yang kami proyeksikan, kami akan menempatkan 100 anak-anak berkulit hitam melalui berbagai spektrum lembaga pendidikan," kata Abloh, seperti dilansir Vogue.

"Saat saya berusia 17 tahun, orangtua ingin saya jadi insinyur, tetapi saya ingin menjadi perancang busana. Saya berusia 39 tahun dan perlu waktu untuk bekerja sampai di sini dan membuktikan silsilah saya serta berada dalam posisi melakukan perubahan."

"Manfaat dari pemberontakan ini adalah kita memerhatikan masalah sistemik, kita tidak bisa melanjutkan. Sudah waktunya bagi kita untuk membuat industri ini bukan tentang fesyen, tetapi tentang orang-orang."

"Saya telah menuangkannya ke dalam pekerjaan saya. Saya melihat ini sebagai ajakan untuk mengambil lebih banyak tantangan yang tidak hanya berakhir di runway, namun mengubah kehidupan orang lain."

Baca juga: Donasi Dianggap Terlalu Sedikit, Virgil Abloh Dikecam



Sumber Vogue
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X