5 Makanan yang Harus Dihindari jika Anak Alergi Telur

Kompas.com - 11/07/2020, 11:38 WIB
Ilustrasi es krim Shutterstock.comIlustrasi es krim

KOMPAS.com - Telur ada di mana-mana. Tidak hanya disajikan untuk sarapan, es krim, dan pancake, telur juga terdapat di dalam berbagai jenis makanan. Tapi bagaimana jika si kecil mengalami alergi terhadap telur?

Telur merupakan makanan yang dapat menyebabkan reaksi sensitivitas makanan, salah satunya alergi. Jika si kecil memiliki alergi telur, tentunya Anda perlu lebih hati-hati mengawasi asupan makanannya.

Makanan untuk yang alergi telur

Dilansir dari Kids Health, anak yang memiliki alergi telur biasanya bereaksi berlebihan terhadap protein di dalamnya.

Saat ia minum atau makan produk yang mengandung telur, tubuhnya akan mengira protein ini berbahaya sehingga sistem kekebalan akan merespon dengan berusaha melawannya. Hal inilah yang menyebabkan reaksi alergi.

Baca juga: Kenali Gejala Alergi Makanan pada Bayi

Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari jika anak alergi telur, ya? Berikut 5 makanan untuk yang alergi telur dan harus dihindari.

1. Roti
Roti umumnya disukai anak-anak. Namun, roti merupakan makanan yang mengandung banyak telur. Menurut studi dari University of Rochester Medical Center, roti perlu dihindari oleh anak yang memiliki alergi telur.

Anda bisa mengganti roti dengan makanan-makanan lain yang tidak mengandung telur sebagai bahan dasarnya, seperti membuat muffin tanpa telur.

2. Es krim
siapa anak-anak yang tidak menyukai es krim? Sulit untuk menghapus es krim dari daftar makanan favorit Si Kecil. Sayangnya, hal serupa juga terjadi pada mereka yang alergi telur, karena sebagian besar ice cream mengandung telur.

Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba membuat ice cream tanpa telur di rumah.

Baca juga: 6 Tips Simpan Es Krim Rumahan dalam Freezer, Awet Sampai 2 Bulan

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X