Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2020, 14:46 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Pizza adalah salah satu makanan lezat yang digemari banyak orang. Tak heran kita seringkali begitu lahap makan pizza, bahkan biasanya lebih dari dua potong sekali makan.

Tapi sadarkah kamu bahwa kalori yang terkandung dalam sepotong pizza bisa sangat tinggi? Tergantung dari topping, saus, maupun ketebalan rotinya, satu potong pizza berukuran sedang bisa menyumbangkan sekitar 200-300 kalori.

Sementara itu jika ukurannya besar dan memiliki banyak topping, satu potong pizza bisa mencapai 400-700 kalori.

Jika kamu mengonsumsi lebih dari satu potong pizza dalam sekali makan, maka sudah hampir bisa dipastikan kalori akan menumpuk di tubuh.

Seperti yang kita tahu, terlalu banyak kalori akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak yang bisa memicu kenaikan berat badan dan berbagai penyakit berbahaya, mulai dari penyakit jantung hingga diabetes.

Meski begitu, bukan berarti kita sama sekali tidak boleh menyantap pizza. Kita hanya perlu membatasi jumlahnya agar kalorinya tidak melebihi kebutuhan kalori harian.

Untuk wanita, 2.000 kalori adalah jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi per hari. Sementara itu untuk pria adalah 2.500 kalori. Namun kebutuhan jumlah kalori setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, metabolisme, serta aktivitas fisik sehari-hari.

Baca juga: Sama Seperti Kita, Para Bidadari Victoria’s Secret Lahap Makan Pizza

Membedah lebih lanjut soal kalori pizza

Pizza adalah makanan yang fleksibel. Sebab mulai dari topping, saus, hingga ketebalan rotinya bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Jenis pizza yang paling standar adalah pizza keju dengan saus tomat dan roti dengan ketebalan sedang tanpa tambahan daging ataupun sayuran lain.

Dalam bentuk paling sederhanatersebut, kandungan nutirisi dalam pizza adalah sebagai berikut.

  • Kalori: 285
  • Lemak: 10,4 gram
  • Sodium: 640 mg
  • Karbohidrat: 35,7 gram
  • Serat: 2,5 gram
  • Gula: 3,8 gram
  • Protein: 12,2 gram

Sementara pizza dengan topping pepperoni yang banyak tersedia di gerai pizza cepat saji, satu potong ukuran sedang bisa mengandung nutrisi kurang lebih seperti berikut ini:

  • Kalori: 460
  • Lemak: 26 gram
  • Karbohidrat: 37 gram
  • Gula: 1 gram
  • Sodium: 900 mg

Jumlah kalori tersebut barulah untuk satu potong. Sementara biasanya, dalam satu kali makan satu orang bisa menghabiskan 2-3 potong pizza, ditambah minuman bersoda, serta makanan pendamping lain seperti roti bawang, pasta, kentang goreng, atau makanan penutup seperti es krim dan gelato.

Artinya, jumlah kalori yang masuk ke tubuh dalam satu kali makan bisa saja hampir memenuhi kebutuhan kalori harian. Padahal dalam satu hari, seseorang perlu makan dua hingga tiga kali.

Untuk itu, bagi yang sedang menjaga asupan kalori maupun berusaha untuk menurunkan berat badan, makanlah pizza secukupnya saja.

Baca juga: Temuan baru, Pizza Dianggap Menu Sehat untuk Sarapan

Tips membatasi kalori pizza

Selain membatasi jumlah konsumsi, ada beberapa trik lain yang bisa kita lakukan untuk membantu membatasi kalori saat mengonsumsi pizza, seperti berikut ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com