Manfaat Minyak VCO, Salah Satunya untuk Menurunkan Berat Badan Lho

Kompas.com - 13/07/2020, 15:17 WIB
Ilustrasi Virgin Coconut Oil (VCO) shutterstockIlustrasi Virgin Coconut Oil (VCO)
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Virgin coconut oil alias minyak VCO dikenal luas memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar untuk sakit kulit hingga diminum untuk menyehatkan tubuh.

Namun masih banyak pertanyaan soal apa sebetulnya manfaat minyak VCO yang terbukti secara medis? Serta, apa bedanya minyak VCO dengan minyak kelapa jenis lainnya?

Tidak seperti minyak zaitun, sebutan virgin pada minyak kelapa tidak memiliki standar baku.

Meski demikian, istilah virgin ini hanya bisa disematkan pada minyak kelapa murni yang pada prosesnya tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, atau dikurangi elemen-elemen tertentu yang ada di dalamnya.

Beda minyak VCO dengan minyak kelapa lainnya

Minyak VCO adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara yang alami, tidak dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, apalagi mencampur zat-zat kimia.

Dengan cara tradisional, VCO bisa dibuat dengan memeras kelapa tua dan mengambil santannya.

Santan ini kemudian diproses lewat fermentasi, mencampur enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak VCO.

Dengan cara yang lebih modern, minyak VCO dibuat dengan mengeringkan kelapa tua segar dengan mesin khusus. Kelapa kering itu kemudian dimasukkan ke dalam mesin tekan untuk diambil minyak beningnya.

Selain minyak VCO, jenis minyak kelapa komersial lain berlabel refined dan partially hydrogenated.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X