Kompas.com - 13/07/2020, 20:44 WIB
Ilustrasi generasi Z SHUTTERSTOCKIlustrasi generasi Z


KOMPAS.com - Generasi muda dikenal sangat cepat beradaptasi, lebih berani dan kreatif. Di era tatanan normal baru, orang-orang muda ini ternyata juga yang paling optimis untuk kembali beraktivitas.

Dalam survei yang diadakan oleh Lifepal.co.id, terungkap bahwa generasi Z, yaitu kelompok masyarakat dengan rentang usia 15-25 tahun, menjadi kelompok usia yang paling berani beraktivitas di tempat publik di era normal baru.

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi memang menyebabkan penurunan aktivitas masyarakat sampai 58 persen. Meski begitu, ketika PSBB mulai dilongggarkan, ternyata minat masyarakat untuk beraktivitas di tempat publik masih rendah.

Baca juga: Wapres Minta Pendidik Lakukan Inovasi Pembelajaran Masuki Normal Baru

Namun, tidak demikian halnya dengan generasi Z. Mereka ternyata lebih optimis untuk menjalani kembali aktivitasnya dibandingkan dengan generasi yang lebih senior seperti generasi milenial atau generasi X.

Dalam survei yang dilakukan dengan metode random sampling terhadap 561 responden di Jakarta, terungkap bahwa gen Z paling pede untuk sering-sering berbelanja ke supermarket atau minimarket.

Tidak hanya itu, meski pasar tradisional memiliki level risiko penularan Covid-19 sangat tinggi, ternyata orang dari kelompok umur remaja dan dewasa muda merasa tidak takut untuk berbelanja di tempat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masih menurut survei itu, frekuensi kegiatan kuliah ke kampus atau bekerja di kantor warga generasi Z juga akan mencapai 61 persen di masa normal baru. Meski begitu, mereka lebih memilih menggunakan transportasi yang minim penumpang seperti taksi atau pun taksi online.

Baca juga: Apa yang Generasi Z Cari Saat Belanja Online?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.