Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Muda Makin Pede Beraktivitas di Era Normal Baru

Kompas.com - 13/07/2020, 20:44 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Generasi muda dikenal sangat cepat beradaptasi, lebih berani dan kreatif. Di era tatanan normal baru, orang-orang muda ini ternyata juga yang paling optimis untuk kembali beraktivitas.

Dalam survei yang diadakan oleh Lifepal.co.id, terungkap bahwa generasi Z, yaitu kelompok masyarakat dengan rentang usia 15-25 tahun, menjadi kelompok usia yang paling berani beraktivitas di tempat publik di era normal baru.

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi memang menyebabkan penurunan aktivitas masyarakat sampai 58 persen. Meski begitu, ketika PSBB mulai dilongggarkan, ternyata minat masyarakat untuk beraktivitas di tempat publik masih rendah.

Baca juga: Wapres Minta Pendidik Lakukan Inovasi Pembelajaran Masuki Normal Baru

Namun, tidak demikian halnya dengan generasi Z. Mereka ternyata lebih optimis untuk menjalani kembali aktivitasnya dibandingkan dengan generasi yang lebih senior seperti generasi milenial atau generasi X.

Dalam survei yang dilakukan dengan metode random sampling terhadap 561 responden di Jakarta, terungkap bahwa gen Z paling pede untuk sering-sering berbelanja ke supermarket atau minimarket.

Tidak hanya itu, meski pasar tradisional memiliki level risiko penularan Covid-19 sangat tinggi, ternyata orang dari kelompok umur remaja dan dewasa muda merasa tidak takut untuk berbelanja di tempat ini.

Masih menurut survei itu, frekuensi kegiatan kuliah ke kampus atau bekerja di kantor warga generasi Z juga akan mencapai 61 persen di masa normal baru. Meski begitu, mereka lebih memilih menggunakan transportasi yang minim penumpang seperti taksi atau pun taksi online.

Baca juga: Apa yang Generasi Z Cari Saat Belanja Online?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com