Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2020, 12:49 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bicara soal menu sarapan ideal, kita semua tahu bahwa gabungan karbohidrat, protein dan lemak adalah yang dianjurkan. Namun, bagaimana dengan waktunya? Adakah waktu sarapan yang dianggap lebih ideal?

Banyak orang menahan rasa laparnya cukup lama setelah bangun tidur, dan pada akhirnya sarapan terlalu siang. Atau sengaja menunda sarapan karena kesibukan yang padat di pagi hari. Ternyata kebiasaan ini sangat tidak sehat.

Waktu terbaik sarapan adalah dalam dua jam setelah bangun tidur. Menurut para pakar, waktu ini baik untuk metabolisme tubuh kita.

Jika kamu biasa berolahraga di pagi hari, pilihlah sarapan ringan seperti pisang atau roti panggang dengan alpukat, setidaknya setengah jam sebelum berolahraga.

Namun, jika sarapan justru berdampak pada performa olahraga dan performamu lebih baik ketika perut kosong, maka kamu bisa makan sarapan setelah sesi olahraga.

Baca juga: Olahraga Dulu atau Sarapan Dulu, Mana yang Lebih Baik?

Menurunkan berat badan

Menurut studi Harvard University, mengonsumsi makan besar tidak pada waktu yang tepat bisa mengganggu target penurunan berat badan.

Bahkan jika kamu menjalani diet puasa (intermittent fasting), jarak antara makan malam dan sarapan juga tidak disarankan lebih dari 12-14 jam.

Studi menyebutkan bahwa berpuasa selama 12 jam antara makan malam dan sarapan baik untuk pencernaan makanan yang sempurna. Jarak makan ini juga meningkatkan kualitas tidur dan membantu menjaga ritme sirkadian.

Namun, jika kamu berencana menjalankan pola makan tersebut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalankannya.

Baca juga: Sarapan Besar, Bakar Kalori 2 Kali Lebih Cepat?

Lalu, seperti apa pola waktu makan yang dianjurkan untuk kesehatan?

- Sarapan: pukul 06.00-10.00.

- Camilan tengah hari: 2-4 jam setelah sarapan.

- Makan siang: hingga sebelum pukul 15.00.

- Camilan siang: 2-4 jam setelah makan siang.

- Makan malam: antara pukul 17.00-20.00.

Sarapan pada waktu yang tepat membantu menjaga berat badan normal, mengatur kadar gula darah lebih baik, membantu mereduksi lemak dan tingkat kolesterol, serta membantu meningkatkan performa dalam beraktivitas sehari penuh.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Minuman Jahe Saat Sarapan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com