Kompas.com - 14/07/2020, 12:49 WIB

KOMPAS.com - Bicara soal menu sarapan ideal, kita semua tahu bahwa gabungan karbohidrat, protein dan lemak adalah yang dianjurkan. Namun, bagaimana dengan waktunya? Adakah waktu sarapan yang dianggap lebih ideal?

Banyak orang menahan rasa laparnya cukup lama setelah bangun tidur, dan pada akhirnya sarapan terlalu siang. Atau sengaja menunda sarapan karena kesibukan yang padat di pagi hari. Ternyata kebiasaan ini sangat tidak sehat.

Waktu terbaik sarapan adalah dalam dua jam setelah bangun tidur. Menurut para pakar, waktu ini baik untuk metabolisme tubuh kita.

Jika kamu biasa berolahraga di pagi hari, pilihlah sarapan ringan seperti pisang atau roti panggang dengan alpukat, setidaknya setengah jam sebelum berolahraga.

Namun, jika sarapan justru berdampak pada performa olahraga dan performamu lebih baik ketika perut kosong, maka kamu bisa makan sarapan setelah sesi olahraga.

Baca juga: Olahraga Dulu atau Sarapan Dulu, Mana yang Lebih Baik?

Menurunkan berat badan

Menurut studi Harvard University, mengonsumsi makan besar tidak pada waktu yang tepat bisa mengganggu target penurunan berat badan.

Bahkan jika kamu menjalani diet puasa (intermittent fasting), jarak antara makan malam dan sarapan juga tidak disarankan lebih dari 12-14 jam.

Studi menyebutkan bahwa berpuasa selama 12 jam antara makan malam dan sarapan baik untuk pencernaan makanan yang sempurna. Jarak makan ini juga meningkatkan kualitas tidur dan membantu menjaga ritme sirkadian.

Namun, jika kamu berencana menjalankan pola makan tersebut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalankannya.

Baca juga: Sarapan Besar, Bakar Kalori 2 Kali Lebih Cepat?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.