Tips Bagi Orangtua Membantu Keterampilan Anak Lewat Sekolah Online

Kompas.com - 14/07/2020, 13:12 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah. ShutterstockIlustrasi kerja dari rumah.

KOMPAS.com- Penutupan sekolah di lebih dari 190 negara, termasuk Indonesia, membuat proses pembelajaran dilakukan jarak jauh. Peran orangtua berpengaruh besar karena mereka adalah guru kedua dalam sistem sekolah online ini.

Setelah mengumumkan bahwa hingga akhir tahun ini, sekolah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah harus tetap melanjutkan sekolah secara virtual, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, mengatakan bahwa sistem sekolah secara virtual hybrid akan diterapkan permanen di Indonesia, dan telah meminta guru dan orang tua untuk beradaptasi.

Ini berarti, kolaborasi antara guru dan orangtua harus makin dikuatkan dalam mendidik agar agar siap menghadapi dinamika kehidupan.

Psikolog, Jovita Maria Ferliana, M.Psi, mengatakan, mengasah keterampilan siswa, termasuk dalam soft skill, bukan cuma tanggung jawab lembaga pendidikan saja

"Orangtua juga sebaiknya turut berperan dalam pendidikan anak mereka, terutama selama virtual schooling," kata Jovita dalam siaran pers.

Baca juga: Hari Pertama Pengenalan Sekolah, Apa Saja Kegiatan dan Materi yang Diberikan?

Menurut Direktur Sampoerna Academy School, Dr.Mustafa Guvercin, yang tidak boleh dilupakan adalah memadukan keterampilan abad ke-21 untuk persiapan karir dan masa depan siswa.

Keterampilan yang disingkat dengan 5C itu terdiri dari Critical Thinking (kemampuan berpikir kritis dan menganalis), Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi untuk hasil maksimal), Creativity (kreativitas atau menciptakan sesuatu yang baru), dan Character (pendidikan karakter).

Berikut adalah beberapa tip untuk para orang tua dalam mengasah keterampilan 5C pada anak selama sekolah dari rumah:

• Jangan lupa memberikan waktu istirahat dan mengajak anak meregangkan tubuh agar tetap bugar.

• Mengajak anak untuk mengutarakan pendapat dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan memberikan pendapatnya, termasuk menceritakan tantangan yang dihadapi selama proses belajar di rumah.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Tatap Muka di Tahun Ajaran Baru, Itu Hak Orangtua

Ilustrasi: Hari pertama sekolah, belajar dari rumah, pembelajaran jarak jauhShutterstock Ilustrasi: Hari pertama sekolah, belajar dari rumah, pembelajaran jarak jauh

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X