Perlukah Pemanasan Sebelum Bersepeda?

Kompas.com - 14/07/2020, 17:42 WIB
Ilustrasi sepeda balap. SHUTTERSTOCKIlustrasi sepeda balap.

KOMPAS.com - Pemanasan sebelum sesi latihan atau balapan sepeda sangat penting untuk mempersiapkan tubuh kita.

Tidak hanya meningkatkan performa bersepeda, tetapi juga melindungi tubuh kita dari cedera.

Seorang pembalap tidak akan menginjak pedal gas tanpa memanaskan mesin terlebih dahulu, dan itu juga berlaku saat kita mengendarai sepeda.

Baca juga: Bersepeda dalam Kondisi Perut Kosong, Efektif Turunkan Berat Badan?

Jika kita mulai meng-gowes sepeda tanpa pemanasan, kita akan segera terengah-engah dan muncul rasa nyeri yang tidak nyaman di bagian kaki.

Pemanasan yang baik mengaktifkan sistem produksi energi kita dan membuatnya berjalan lancar.

Agar dapat menghasilkan energi untuk bersepeda, tubuh kita memulai proses yang disebut glikolisis, memecah bahan bakar yang tersimpan di otot.

Dalam hal tersebut, tubuh kita membutuhkan lebih banyak oksigen, sehingga pernapasan dan detak jantung meningkat untuk memastikan darah yang mengandung oksigen mencapai otot kita.

Olahraga keras tanpa pemanasan membuat kita kekurangan oksigen, karena sistem energi kita butuh lebih banyak oksigen dibandingkan kemampuan tubuh kita menyuplai oksigen.

Selain memperbaiki sistem energi, pemanasan meningkatkan aliran darah dan suhu tubuh kita.

Termasuk rentang gerak pada persendian, otot-otot kita tidak terlalu kaku dan cara kita mengayuh sepeda menjadi lebih luwes.

Respons antara otak, sistem saraf, dan otot kita juga akan aktif.

Jika kita melakukan pemanasan untuk sesi latihan keras dengan interval intensitas tinggi atau balapan, aktivasi neuromuskular (kerja sama antara sistem saraf dan otot) sangat penting untuk memungkinkan otot kita segera merespon saat kita ingin berlari atau berakselerasi.

Baca juga: Awas, Jangan Sepelekan Ngos-ngosan Saat Bersepeda

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X