Kompas.com - 15/07/2020, 09:10 WIB
Ilustrasi bau kaki shutterstockIlustrasi bau kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu sering merasa tidak nyaman karena kakimu berkeringat dan membuatnya menjadi bau?

Kaki berkeringat merupakan kondisi umum yang dapat terjadi, apalagi setelah kepanasan, berolahraga, atau panik. Akan tetapi, pada sebagian orang, kondisi ini dapat mengindikasikan hiperhidrosis.

Hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang mengeluarkan lebih banyak keringat dari jumlah normal. Salah satu bentuk hiperhidrosis yang banyak terjadi adalah hiperhidrosis plantar atau kaki berkeringat. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Mengatasi kaki berkeringat

Kondisi keringat berlebih dikaitkan dengan faktor keturunan, namun bisa juga disebabkan oleh hal lain yang mendasarinya. Masalah ini dapat muncul pada masa kanak-kanak atau remaja, namun bisa juga terjadi pada usia berapa pun.

Kaki berkeringat bisa mengundang masalah, seperti alas kaki menjadi basah terus-menerus, kaki menjadi bau, kutu air, hingga jamur pada kuku kaki. Bahkan kondisi ini juga seringkali disertai dengan keringat berlebih pada telapak tangan.

Masalah ini bisa membuat rasa percaya diri penderitanya berkurang. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mencuci kaki

Mencuci kaki yang berkeringat tak hanya membersihkan keringat dan bakteri, namun juga dapat mendinginkan kulit dan mengurangi keringat.

Cucilah kaki sebanyak dua kali sehari. Kamu dapat menggunakan sabun antijamur atau beberapa tetes minyak esensial antimikroba, seperti tea tree oil atau kayu putih.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.