5 Tanda Parfum Kedaluwarsa, Sudah Tahu?

Kompas.com - 15/07/2020, 09:53 WIB
Ilustrasi parfum shutterstockIlustrasi parfum

KOMPAS.com - Parfum adalah salah satu benda yang begitu personal. Ketika kita sudah menemukan aroma yang sangat disukai, tentu sayang rasanya jika parfum itu cepat dihabiskan.

Namun, tahukah kamu jika parfum bisa mengalami kedaluwarsa?

Parfum kita bisa mengalami kedaluwarsa, tapi mengenai usia simpannya, tergantung pada keharuman yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Ingin Beli Parfum Online? Ini yang Harus Dipertimbangkan

Dilansir mindbodygreen.com, parfum tradisional biasanya sarat dengan alkohol dan stabilisator yang memperpanjang usia simpannya.

Di sisi lain, parfum yang lebih alami memiliki usia simpan yang jauh lebih pendek. Meski begitu, jenis aroma tetap berpengaruh terhadap usia simpan tersebut.

"Biasanya, jenis parfum yang lebih musky atau kayu akan bertahan 12 sampai 15 bulan," kata ahli kimia dan salah satu pendiri NUELE, Christine Martey-Ochola, Ph.D.

Mengapa demikian? Sebab dua aroma tersebut tidak mudah menguap. Namun, jika kamu memiliki aroma berbahan dasar bunga atau jeruk, aroma itu cenderung menguap lebih cepat.

Martey-Ochola menyarankan usia simpan enam hingga 12 bulan untuk jenis notes yang lebih ringan.

Untuk mengetahui bahwa usia satu parfum telah berakhir, cobalah mengecek tiga aspek berikut: oksidasi, paparan ultraviolet dan suhu.

Jika parfum berinteraksi dengan udara, panas, dan sinar matahari, aromanya berpotensi menjadi tengik, dengan asumsi tidak ada terlalu banyak zat penstabil dalam formula untuk membuatnya tetap segar.

Artinya, jika aroma yang dipasarkan mengklaim masa simpan yang panjang, seperti lima tahun atau lebih, maka mungkin ada banyak stabilisator dan bahan kimia lainnya di sana.

Baca juga: 7 Cara Memakai Parfum agar Wanginya Tahan Lama

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X