Pentingnya Membatasi Asupan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes

Kompas.com - 15/07/2020, 20:56 WIB
Ilustrasi makan pasta pakai garpu. SHUTTERSTOCK/EM KARUNAIlustrasi makan pasta pakai garpu.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penderita diabetes memiliki hubungan rumit dengan karbohidrat. Meski merupakan bagian dari diet sehat, karbohidrat juga berkontribusi terhadap tingginya kadar gula darah.

Banyak ahli merekomendasikan, orang dengan diabetes sebaiknya membatasi atau bahkan secara drastis mengurangi asupan karbohidrat mereka.

Dibandingkan dengan lemak, karbohidrat memiliki dampak terbesar pada kadar gula darah. Itulah sebabnya menjaga asupan karbohidrat sangat penting untuk mengelola diabetes.

Sistem pencernaan memecah karbohidrat menjadi glukosa atau gula darah, sumber energi utama bagi tubuh.

Ketika gula memasuki darah, pankreas biasanya melepaskan hormon insulin yang memungkinkan sel untuk memproses dan menyerap gula sehingga kadar gula darah menurun.

Namun, diabetes memengaruhi produksi atau penggunaan insulin. Pada orang dengan diabetes tipe 1, pankreas tidak dapat membuat insulin.

Sementara orang dengan diabetes tipe 2 tidak dapat membuat insulin dalam jumlah memadai, atau sel-sel mereka telah berhenti merespon secara efektif, sehingga glukosa menumpuk di dalam darah.

Kondisi itu dapat menyebabkan kadar gula darah yang sangat tinggi jika tidak diobati. Kadar gula darah yang tinggi secara konsisten bisa merusak pembuluh darah, mata, kaki, ginjal, dan jantung.

Baca juga: Memahami Diabetes, Penyakit yang Masih Menghantui Masyarakat Indonesia

Asupan karbohidrat sehat untuk penderita diabetes

Centers for Disease Prevention and Control (CDC) merekomendasikan penderita diabetes agar mendapat sekitar 45 persen kalori harian mereka dari karbohidrat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X