Rutin Meditasi Tekan Risiko Penyakit Kardiovaskular, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 15/07/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Meditasi yang dilakukan secara rutin ternyata mampu menekan risiko penyakit kardiovaskular.

Kesimpulan ini diperoleh dari hasil analisa data yang dilakukan peneliti dan kolega Veterans Affairs yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology, 30 Juni lalu.

Beberapa penelitian sebelumnya mengungkapkan temuan serupa tentang efek positif dari meditasi.

Baca juga: Meditasi, Bagaimana Cara Memulai dan Melakukannya?

Pernyataan ilmiah American Heart Association 2017, misalnya, menyebutkan, meditasi mungkin bermanfaat untuk pengurangan risiko kardiovaskular.

Data menunjukkan, meditasi dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, usaha berhenti merokok, dan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Namun, hubungan ini masih jauh dari definitif. Dengan menggunakan database nasional besar dari banyak peserta, penulis studi mencari bukti lebih lanjut tentang hal ini.

Peneliti utama Dr. Chayakrit Krittanawong -dari Pusat Medis Michael E. DeBakey VA, Baylor College of Medicine, dan peneliti di Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai mempelajari data dari Survei Wawancara Kesehatan Nasional.

Survei tersebut dilakukan setiap tahun oleh Pusat Statistik Kesehatan Nasional.

Para peneliti melihat data pada lebih dari 61.000 peserta survei. Hampir 10 persennya atau sekitar 6.000 mengaku melakukan beberapa bentuk meditasi.

Baca juga: Meditasi dengan Jalan Kaki, Cara Gampang Dapatkan Ketenangan

Dari sana para peneliti menemukan, orang yang bermeditasi dengan masalah kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, dan penyakit arteri koroner, menjadi lebih lebih rendah, dibandingkan dengan responden yang tidak bermeditasi.

Halaman:


Sumber EurekAlert
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X