Berhubungan Intim Ketika Hamil Bisa Sebabkan Keguguran, Benarkah?

Kompas.com - 15/07/2020, 22:53 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Ketika sedang mengandung, banyak perempuan ragu untuk berhubungan intim dengan suami. Kebanyakan istri merasa khawatir dengan janin mereka.

Benarkah hubungan intim ketika hamil bisa menyebabkan keguguran?

Dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG., MARS menjelaskan, hubungan intim tidak dianjurkan pada trimester awal kehamilan. Terutama jika ibu sebelumnya memiliki riwayat keguguran, keputihan, kontraksi berkepanjangan, atau pendarahan.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Seputar Dorongan Seks saat Hamil

"Hati-hati (berhubungan di trimester awal kehamilan). Sampai dipastikan dulu oleh dokternya bahwa kondisi ibu dan janin baik."

Demikian diungkapkan oleh dr. Boyke dalam #itsexpertime bersama Sensitif melalui akun Instagram @sensitif_id, Rabu (15/7/2020) malam.

Setelah kehamilan di atas 20 minggu atau 5 bulan, istri sudah bisa berhubungan intim dengan suami jika plasenta sudah terbentuk dengan kuat.

Sehingga, jika terjadi kasus keguguran ketika usia kehamilan di atas 5 minggu biasanya bukan disebabkan oleh hubungan intim.

"Di atas 22 minggu keguguran yang paling sering adalah karena infeksi," paparnya.

Selain itu, keguguran di atas usia 5 bulan juga bisa terjadi karena kandungan yang memang lemah sejak awal.

Oleh karena itu, penting agar ibu rutin memeriksakan kandungan ke dokter sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

"Misalnya, mulut rahim mudah sekali terbuka, itu juga bisa menyebabkan keguguran (di atas usia 5 bulan kandungan). Tapi bukan karena berhubungan seksual," ungkap dr. Boyke.

Baca juga: Perempuan Tidak Orgasme saat Bercinta, Bisakah Tetap Hamil?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X