Merasa Sangat Haus? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kompas.com - 16/07/2020, 18:39 WIB
Ilustrasi minum air putih ThinkstockphotosIlustrasi minum air putih

KOMPAS.com - Bukan hal yang aneh ketika kita sangat ingin minum segelas air di hari yang panas atau setelah makan sesuatu yang sangat pedas.

Tetapi selain alasan tersebut, ada beberapa sebab yang bisa membuat kamu merasa sangat haus.

1. Dehidrasi

Salah satu alasan paling umum yang membuat kita merasa sangat haus adalah dehidrasi. Kepanasan bisa jadi salah satu penyebab dehidrasi.

Entah itu setelah berolahraga intensitas tinggi atau ketika bersantai di bawah sinar matahari di pantai, tubuh akan membutuhkan air.

Saat berolahraga, otot akan menghasilkan panas, sehingga tubuh perlu menyingkirkan panas itu.

Cara utama tubuh membuang panas adalah melalui keringat. Saat keringat menguap, itu akan mendinginkan jaringan di bawahnya.

Banyak berkeringat akan mengurangi kadar air di dalam tubuh. Jika tak segera diatasi, kehilangan cairan tubuh akan memengaruhi fungsi tubuh normal.

Baca juga: Tanda Dehidrasi Tak Cuma Haus

Yang harus dilakukan: Minum air putih

Menurut American College of Sports Medicine, untuk menghindari dehidrasi, orang yang aktif harus minum setidaknya 16 hingga 20 ons cairan satu hingga dua jam sebelum kegiatan di luar ruangan.

Setelah itu, harus mengonsumsi air lagi 6 hingga 12 ons setiap 10 hingga 15 menit saat berada di luar ruangan.

Ketika selesai beraktivitas, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, setidaknya perlu minum 16 hingga 24 ons (2 hingga 3 gelas).

Salah satu cara untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan benar adalah dengan memeriksa warna urin.

Matthew Goldman, MD, mengatakan, "Tujuan ememnuhi cairan tubuh adalah untuk menjaga urin tetap jernih. Jika warnanya mulai menjadi kuning, maka itu tanda tubuh mengalami dehidrasi."

Hal lain yang harus dilakukan: Makan makanan ini

Makanan tertentu juga bagus untuk membantu tubuh tetap terhidrasi berkat beratnya kadar air. Dan banyak yang memiliki manfaat tambahan, termasuk nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Sayuran seperti mentimun dan seledri tidak hanya tinggi kadar airnya, tetapi juga rendah kalori, sehingga bisa menjadi camilan yang sempurna.

Untuk buah-buahan, semangka dan stroberi adalah pilihan yang sangat baik dengan kadar air 91% dan menjadikannya camilan manis yang sehat, terutama di cuaca panas.

Jangan lakukan: Minum alkohol atau soda

Air minum adalah salah satu cara terbaik untuk tetap terhidrasi, selain itu beberapa minuman olahraga juga dapat membantu menggantikan cairan tubuh dan elektrolit, seperti natrium dan kalium.

Tetapi ada baiknya menghindari alkohol dan minuman berkafein, seperti kopi dan soda, karena minuman ini cenderung menarik air dari tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Baca juga: Hindari Menenggak Air Walau Haus

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X