Mau Hidup Sehat dan Panjang Umur? Terapkan 5 Pola Makan Ini

Kompas.com - 16/07/2020, 23:03 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Berencana untuk hidup hingga 100 tahun? Dilansir situs kesehatan dan kebugaran Well + Good, ada beberapa cara yang dilakukan centenarian untuk hidup panjang umur.

Beberapa cara tersebut juga diterapkan oleh orang-orang yang tinggal di blue zone atau zona biru – lima wilayah di dunia yang memiliki populasi paling lama hidup dan dalam kondisi sehat, yaitu:
- Okinawa, Jepang
- Sardinia, Italia
- Nicoya, Costa Rica
- Icaria, Yunani
- Loma Linda, California

Semua lokasi yang tercantum di atas memiliki sembilan kesamaan dan salah satunya adalah kebiasaan makan mereka, meskipun berada di lokasi geografis dan budaya yang sangat berbeda.

Baca juga: 9 Tips Hidup Sehat demi Panjang Umur

Meskipun umur panjang mereka tak lepas dari faktor tempat tinggal dan bagaimana mereka hidup, beberapa metode pola makan mereka untuk berumur panjang dapat dengan mudah diterapkan pada gaya hidup siapapun.

Awalnya hal ini dibagikan dalam sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Global Wellness Summit, jurnalis dan pakar Blue Zone, Dan Buettner memberi memaparkan beberapa nutrisi yang akan membantu kita hidup seperti orang yang paling lama hidup di Bumi, semua berdasarkan penelitian bertahun-tahun:

1. Plant based diet

Orang-orang yang tinggal di Zona Biru telah mempraktikkan plant based diet selama beberapa generasi.

Menurut Buettner, mereka mengonsumsi makanan nabati 90 hingga 100 persen tanpa keraguan.

Plant based diet telah terbukti ramah jantung, usus, dan ramah otak. Selain itu, sayuran, biji-bijian dan makanan nabati lainnya memiliki lebih sedikit jejak karbon dibandingkan dengan daging dan susu.

2. Banyak Karbohidrat

Buettner mengatakan, bahwa orang-orang di Blue Zones biasanya mengonsumsi sekitar 65 persen kalori harian mereka dalam bentuk karbohidrat.

Ini masuk akal karena satu alasan, karbohidrat biasanya hadir dengan banyak serat pengisi usus, selain vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda agar berfungsi optimal.

Namun, karbohidrat yang mereka konsumsi bukanlah karbohidrat olahan seperti yang ditemukan dalam roti putih atau dalam makanan manis, tetapi karbohidrat yang berasal dari biji-bijian, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan sumber-sumber alami lainnya.

Kacang, khususnya, mengalahkan semua jenis karbohidrat lainnya. Buettner mengatakan, makan secangkir kacang, menambah empat tahun harapan hidup.

Baca juga: Resep Panjang Umur dari Orang Tertua di Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X