Kompas.com - 17/07/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi memijat kaki shutterstockIlustrasi memijat kaki

KOMPAS.com - Pernahkah kamu merasa lelah setelah bangun tidur, seolah-olah kamu berdiri sepanjang malam?

Merasa lelah walaupun sudah tidur tujuh jam, biasa dirasakan oleh mereka yang sudah berusia akhir 40-an. Hal ini juga merupakan pengingat bahwa kaki perlu dimanjakan.

Dalam Ayurveda, pengobatan tradisional asal India yang sudah digunakan sejak 3.000 tahun yang lalu, mengedepankan konsep keseimbangan.

Orang yang menjalaninya percaya, bahwa penyakit bisa muncul karena adanya ketidakseimbangan atau stres pada hidup penderitanya.

Dalam Ayurveda terdapat praktik populer abhyanga yang berarti memijat tubuh sendiri.

Biasanya, hal ini dilakukan sebelum mandi. Tetapi, memijat kaki sebagai rutinitas sebelum tidur juga merupakan sesuatu yang bermanfaat bagi tubuh.

Meminyaki dan memijat kaki tidak membutuhkan waktu lama, cukup lima hingga delapan menit akan memberi efek bagi tubuh, terlebih jika dilakukan dengan minyak wijen.

Minyak wijen memiliki efek hangat yang dapat membantu mengurangi nyeri otot. Minyak wijen juga bisa digunakan sebagai penghangat saat berada di daerah dingin ketika kaki terasa dingin.

Yang perlu kamu lakukan adalah menghangatkannya sedikit dan memijatnya dengan lembut selama beberapa waktu.

Bila rutin melakukannya, dalam seminggu, kamu akan merasakan sakit yang mulai mereda. Ini juga berfungsi dengan baik jika kamu mengoleskannya di sekitar tulang yang patah atau bagian yang mengalami cedera seperti terkilir atau memar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X