Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2020, 18:25 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Rumah lelang asal Inggris, Christie's, bersama peritel sneaker dan streetwear Stadium Goods akan membuka lelang untuk salah satu sepatu langka yang pernah dipakai legenda NBA Michael Jordan.

Lelang itu disebut "Original Air: A Sale of Michael Jordan Game-Worn and Player Exclusive Sneaker Rarities."

Christie's akan membawa 11 lot kepada penawar dalam penjualan online yang merupakan penghormatan pada Michael Jordan yang telah bermain bersama Chicago Bulls selama 15 musim.

"Item yang telah kami kumpulkan untuk pelelangan ini benar-benar unik," kata John McPheters, Co-Founder dan CEO Stadium Goods.

"Item itu akan memiliki getaran mendalam bagi penggemar Jordan, pecinta sneaker dan kolektor budaya pop."

Baca juga: Jersey Chicago Bulls Langka Milik Michael Jordan Ditaksir Rp 7 Miliar

"Original Air" terdiri dari sepatu Nike Air Ship yang dipakai Jordan selama musim pra-profesional, diprediksi bernilai 550.000 dollar AS (setara Rp 8 miliar). Koleksi lain adalah Air Jordan 7 saat ia tampil bersama "Dream Team" di Olimpiade Barcelona 1992, bernilai 70.000 dollar AS (Rp 1 miliar)

Sepasang Air Jordan 14 klasik yang ia pakai saat latihan sebelum pertandingan final Chicago Bulls memiliki nilai perkiraan 6.000 - 8.000 dollar AS (sekitar Rp 87 juta - 117 juta).

"Seperti yang telah kita lihat pada 'The Last Dance', dan sekarang dengan lelang 'Original Air' kami bersama Christie's, masih ada narasi yang belum dikenal dalam warisan yang menciptakan minat besar," kata McPheters.

Penjualan streetwear dan sneaker baru-baru ini menarik banyak perhatian dan sukses di pasar seni.

Pada bulan Mei lalu, Sotheby melelang sepasang sepatu Nike Air Jordan 1 yang dipakai sang legenda pada tahun 1985 dengan rekor penjualan 560.000 dollar AS.

"Pelelangan dengan harga tinggi ini menandai masuknya Christie's ke dalam kategori pengumpulan baru, memadukan sejarah olahraga, seni, mode, dan gaya hidup kontemporer mengikuti kesuksesan besar penjualan kami pada Desember 2019."

Demikian kata Aline Sylla-Walbaum, direktur pelaksana global untuk barang mewah di Christie's.

Lelang akan berlangsung dari tanggal 30 Juli - 13 Agustus 2020 di situs Christie's. Sebagian dari hasil pelelangan akan disumbangkan ke lembaga NAACP Legal Defense Fund.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com