Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2020, 13:47 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Asam lemak omega-3 selama ini lebih dikenal manfaatnya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah pada orang dewasa. Padahal, asam lemak ini juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

Omega-3 adalah asam lemak yang berperan penting dalam berbagai aspek kesehatan, termasuk perkembangan janin, fungsi otak, kesehatan jantung, dan imunitas tubuh.

Omega-3 dianggap sebagai asam lemak esensial karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri dan harus dipenuhi dari makanan. Sumber terbaiknya misalnya suplemen minyak ikan, kacang-kacangan, serta minyak nabati.

Beberapa penelitian mengungkap manfaat omega-3 bagi anak, di antaranya adalah memperbaiki gejala gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD), mengurangi keparahan asma, memperbaiki kualitas tidur, daya tahan tubuh, hingga meningkatkan fungsi otak dan mood.

Baca juga: Mengapa Kita Butuh Asam Lemak Omega-3

Menurut dr.Irma Lidia dari tim dokter aplikasi Jovee, kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral, termasuk omega-3 harus dipenuhi, terutama selama pandemi.

“Selama anak-anak di rumah, kegiatan belajar mengajar juga masih dijalankan sehingga asupan Omega 3 yang terdiri dari EPA dan DHA dapat membantu menjaga konsentrasi dan meningkatkan performa belajar, kata Irma.

Ia menambahkan, berdasarkan laporan dari British Journal of Nutrition, konsumsi asam lemak esensial pada anak Indonesia usia 4-12 tahun masih kurang.

“Padahal, asupan tersebut penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak serta membantu meningkatkan imunitas,” katanya.

Orangtua bisa memenuhi kebutuhan tubuh anak akan vitamin dan mineral dari makanan bergizi seimbang. Jika diperlukan bisa ditambahkan multivitamin. Perhatikan dosis konsumsi suplemen untuk menghindari efek samping.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com