Kompas.com - 19/07/2020, 13:47 WIB

KOMPAS.com – Asam lemak omega-3 selama ini lebih dikenal manfaatnya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah pada orang dewasa. Padahal, asam lemak ini juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

Omega-3 adalah asam lemak yang berperan penting dalam berbagai aspek kesehatan, termasuk perkembangan janin, fungsi otak, kesehatan jantung, dan imunitas tubuh.

Omega-3 dianggap sebagai asam lemak esensial karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri dan harus dipenuhi dari makanan. Sumber terbaiknya misalnya suplemen minyak ikan, kacang-kacangan, serta minyak nabati.

Beberapa penelitian mengungkap manfaat omega-3 bagi anak, di antaranya adalah memperbaiki gejala gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD), mengurangi keparahan asma, memperbaiki kualitas tidur, daya tahan tubuh, hingga meningkatkan fungsi otak dan mood.

Baca juga: Mengapa Kita Butuh Asam Lemak Omega-3

Menurut dr.Irma Lidia dari tim dokter aplikasi Jovee, kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral, termasuk omega-3 harus dipenuhi, terutama selama pandemi.

“Selama anak-anak di rumah, kegiatan belajar mengajar juga masih dijalankan sehingga asupan Omega 3 yang terdiri dari EPA dan DHA dapat membantu menjaga konsentrasi dan meningkatkan performa belajar, kata Irma.

Ia menambahkan, berdasarkan laporan dari British Journal of Nutrition, konsumsi asam lemak esensial pada anak Indonesia usia 4-12 tahun masih kurang.

“Padahal, asupan tersebut penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak serta membantu meningkatkan imunitas,” katanya.

Orangtua bisa memenuhi kebutuhan tubuh anak akan vitamin dan mineral dari makanan bergizi seimbang. Jika diperlukan bisa ditambahkan multivitamin. Perhatikan dosis konsumsi suplemen untuk menghindari efek samping.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.