Kompas.com - 20/07/2020, 11:32 WIB
Ilustrasi makan makanan pedas. Ilustrasi makan makanan pedas.

KOMPAS.com- Perut lapar memang jadi pengalih perhatian dari apa yang sedang dikerjakan. Jika rasa lapar karena belum makan mungkin hal yang wajar, tapi terkadang rasa ingin makan tersebut sering timbul tak jauh dari waktu makan.

Rasa lapar sebenarnya alami dan bisa kita atur. Kita bisa belajar mendengar kebutuhan tubuh, terutama saat muncul rasa lapar. Bila perut sering keroncongan tak peduli sebanyak apa sudah makan, mungkin ini saatnya untuk mengevaluasi apa yang kita sajikan di piring.

Terkadang peningkatan nafsu makan juga bisa dipicu oleh kondisi kesehatan atau obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Walau begitu, yang paling sering jadi penyebab adalah pilihan yang kita buat sebelum atau setelah jam makan. Berikut adalah beberapa pemicu yang paling sering:

- Kurang minum
Percaya atau tidak, terkadang tubuh kita memproses haus sama seperti lapar, sehingga kita menerjemahkannya sebagai sinyal harus mengisi perut.

“Seberapa banyak air yang kita minum berpengaruh langsung pada seberapa kenyang dan puas kita sepanjang hari. Sebaiknya jangan tunggu sampai haus untuk minum,” kata ahli gizi Stefani Sassos.

Baca juga: 9 Penyebab Urine Berbau, Tanda Dehidrasi hingga Diabetes

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara kita mengetahui apakah kita memang haus dan bukan lapar pada momen itu? Caranya simple, coba minum satu atau dua gelas air sebelum memutuskan untuk makan lagi dan tunggu beberapa menit. Jika masih lapar juga, mungkin itu memang sinyal lapar.

- Yang diasup tidak sesuai dengan aktivitas
Ini berarti apa yang kita asup tidak sesuai dengan tingkat aktivitas sehari-hari. Misalnya saja kita melewatkan waktu sarapan padahal kita cukup aktif sepanjang hari, atau sebaliknya kita makan dan ngemil dengan bebas padahal lebih banyak bersantai di sofa.

Bila kita termasuk aktif dan rutin olahraga, pastikan kita juga cukup mengonsumsi nutrisi untuk membantu tubuh memperbaiki otot.

Sementara itu, jika gaya hidup kita kurang aktif, lebih sering duduk, rasa lapar mungkin didorong oleh perasaan bosan. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan diri, misalnya membaca buku atau mulai bergerak.

Bersantai di rumah sambil ditemani makanan atau minuman favoritShutterstock Bersantai di rumah sambil ditemani makanan atau minuman favorit

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.