Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Gangguan Pencernaan yang Kerap Dialami Orang Indonesia

Kompas.com - 20/07/2020, 13:59 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kamu tentu pernah sakit perut. Memang sakit perut bukan hal yang asing di Indonesia. Tapi ternyata ada berbagai jenis penyebab sakit perut. Namun masalah kesehatan ini biasanya memiliki gejala serupa, sehingga sulit dikenali.

Mengetahui ragam penyakit pencernaan yang umum terjadi bisa membantu kita untuk mengidentifikasi kondisi yang dialami dengan lebih mudah.

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari infeksi, konsumsi obat-obatan, hingga faktor genetik.

Sejumlah penyakit sistem pencernaan yang tergolong umum di Indonesia meliputi:

Diare

Diare adalah kondisi meningkatnya frekuensi buang air besar (BAB) yang disertai dengan tesktur feses yang encer. Gejala lainnya meliputi kram perut, kembung, mual, hingga adanya darah di tinja.

Penyebab gangguan sistem pencernaan ini sangat beragam. Mulai dari konsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri atau parasit, efek samping obat (seperti antibiotik), hingga prosedur medis (misalnya operasi para area perut).

Baca juga: Penanganan Pertama untuk Mengatasi Diare

Maag (gastritis)

Maag atau gastritis adalah peradangan pada dinding lambung. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri (seperti Helicobacter pylori) atau efek samping dari konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (seperti aspirin).

Gejala gangguan sistem pencernaan ini biasa meliputi nyeri perut, mual, muntah, perut kembung, hingga sering bersendawa.

Baca juga: Sama-sama Penyakit Lambung, Ini Beda Gerd dan Maag

Sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali per minggu dengan tekstur feses yang keras.

Penyakit pencernaan yang juga disebut konstipasi ini bisa terkadi karena banyak hal. Mulai dari gaya hidup (seperti kurang minum air dan makan makanan berserat) hingga pengaruh obat-obatan (seperti antasida ataupun obat antiinflamasi nonsteroid).

Baca juga: Benarkah Stres Bisa Sebabkan Perut Sembelit?

GERD (gastroesophageal reflux disease)

GERD adalah naiknya asam dari lambung naik ke esofagus (kerongkongan). Gangguan sistem pencernaan ini terjadi akibat katup antara esofagus dan lambung tidak bisa menutup dengan baik (longgar).

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com