10 Gangguan Pencernaan yang Kerap Dialami Orang Indonesia

Kompas.com - 20/07/2020, 13:59 WIB
Ilustrasi sakit perut shutterstockIlustrasi sakit perut
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu tentu pernah sakit perut. Memang sakit perut bukan hal yang asing di Indonesia. Tapi ternyata ada berbagai jenis penyebab sakit perut. Namun masalah kesehatan ini biasanya memiliki gejala serupa, sehingga sulit dikenali.

Mengetahui ragam penyakit pencernaan yang umum terjadi bisa membantu kita untuk mengidentifikasi kondisi yang dialami dengan lebih mudah.

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari infeksi, konsumsi obat-obatan, hingga faktor genetik.

Sejumlah penyakit sistem pencernaan yang tergolong umum di Indonesia meliputi:

Diare

Diare adalah kondisi meningkatnya frekuensi buang air besar (BAB) yang disertai dengan tesktur feses yang encer. Gejala lainnya meliputi kram perut, kembung, mual, hingga adanya darah di tinja.

Penyebab gangguan sistem pencernaan ini sangat beragam. Mulai dari konsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri atau parasit, efek samping obat (seperti antibiotik), hingga prosedur medis (misalnya operasi para area perut).

Baca juga: Penanganan Pertama untuk Mengatasi Diare

Maag (gastritis)

Maag atau gastritis adalah peradangan pada dinding lambung. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri (seperti Helicobacter pylori) atau efek samping dari konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (seperti aspirin).

Gejala gangguan sistem pencernaan ini biasa meliputi nyeri perut, mual, muntah, perut kembung, hingga sering bersendawa.

Baca juga: Sama-sama Penyakit Lambung, Ini Beda Gerd dan Maag

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X