Kompas.com - 20/07/2020, 16:24 WIB
Founder Jarkeen, Septrina Rams Chhetri KOMPAS.com/RENI SUSANTIFounder Jarkeen, Septrina Rams Chhetri

KOMPAS.com – Cantik, muda, terkenal, berpendidikan, 'tajir', dan sukses, itulah kata yang kerap disandingkan pada sosok pemilik brand Jarkeen, Septrina Rams Chhetri.

Namun tidak banyak yang tahu, pencapaian perempuan 27 tahun ini adalah buah kerja kerasnya sejak kecil.

Mental pengusahanya sekarang, terbentuk sejak dia tinggal di Australia.

“Ayah dan ibuku cerai saat usiaku 12 tahun. Lalu aku ikut papah ke Australia,” ujar Septrina kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Baca juga: Bikin Seorang Pria Kaya Mendadak, Apa Itu Batu Tanzanite?

Di Australia, Septrina sering merasa kangen dengan ibunya di Indonesia. Rasa kangen itu hanya terobati seminggu sekali saat ia menelpon.

Sisanya, ia sering menghabiskan waktu dengan menangis. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk kerja part time sepulang sekolah demi menyibukkan diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Aku hanya diberi kesempatan nelpon mama seminggu sekali. Jadi aku kerja saja, sekalian nabung buat pulang ke Indonesia. Kalau dollar kan ditukar ke rupiah kan lumayan besar ya,” tutur dia.

Segala jenis pekerjaan ia lakoni. Mulai dari babysitter, membuat kopi di restoran, hingga bekerja di farmasi.

Jam kerjanya dari pukul 15.00-19.00, setelah bersekolah antara pukul 08.00-14.00 WIB. Jika waktu gajian tiba, ia akan menyimpan semua uangnya di bawah bantal.

Baca juga: Selain Menabung, Ajari Si Kecil Cara Belanja Cerdas

Bukan hanya uang gajian yang ia simpan di bawah bantal. Sisa uang sakunya sebesar lima dollar Australia ia simpan di sana juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X