5 Penyebab Bayi Menangis ketika Dimandikan

Kompas.com - 20/07/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memandikan bayi secara rutin tidak hanya penting untuk menjaga higienitas, tetapi juga untuk menenangkan mereka agar bisa tidur nyenyak.

Namun, pengalaman memandikan bayi berbeda bagi setiap orangtua. Beberapa bayi mungkin menyukainya, namun beberapa lainnya kerap menangis saat dimandikan.

Jika kamu mengalami pengalaman serupa, jangan panik. Coba kenali terlebih dahulu apa yang menyebabkan bayi menangis ketika dimandikan.

1. Temperatur air

Bayi lebih sensitif terhadap suhu dingin maupun panas. Jadi, pastikan suhu airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Baca juga: Bagaimana Kehadiran Bayi Bisa Mengubah Kehidupanmu Menjadi Lebih Baik

Idealnya, kamu memandikan bayi dengan air suam-suam kuku karena suhu air yang tepat dapat menenangkan mereka dan menjadikan mandi momen yang menyenangkan.

2. Aliran air

Aliri air ke tubuh bayi secara perlahan. Jika kamu menggunakan bak mandi, letakkan bayi terlebih dahulu di dalamnya, lalu barulah secara perlahan menyirami tubuhnya dengan air.

Lakukan hal yang sama ketika membasuh rambut bayi.

3. Ada ruam atau luka

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X