Manfaat Mandi Air Dingin yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 21/07/2020, 10:02 WIB
Pancuran di kamar mandi. ISTPancuran di kamar mandi.

KOMPAS.com - Setelah beraktivitas di luar ruangan di tengah cuaca panas dan lembap, mandi air dingin terdengar begitu nyaman. Mandi air dingin memang diketahui memiliki banyak manfaat.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa mandi air dingin adalah cara paling efektif untuk mengurangi delayed onset muscle soreness (DOMS) atau rasa sakit akibat robekan kecil dalam otot yang memicu proses peradangan setelah olahraga intensif.

Membasuh tubuh dengan air dingin juga dapat mengurangi kerusakan otot, hingga mengurangi kelelahan setelah berolahraga.

Menurut meta-analisis dari 99 penelitian pada 2018, efek dari air dingin terhadap beberapa kondisi tersebut bahkan dikatakan lebih baik daripada pemulihan aktif dan pijat.

Lalu, apa lagi manfaat mandi air dingin?

1. Sebelum olahraga

Jika kamu mandi sebelum olahraga, menggunakan air dingin untuk membasuh tubuh direkomendasikan jika kamu akan berolahraga di cuaca yang panas, misalnya lari di luar ruangan.

Meski tubuh akan merasa lebih nyaman, Chief Executive Officer The Korey Stringer Institute, Doug Casa, Ph.D. mengatakan, mandi air dingin sebelum olahraga juga akan membuat suhu tubuh sedikit lebih rendah untuk memulai lari. Hal ini akan menyebabkan peningkatan suhu saat berlari menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Tips Bakar Lebih Banyak Kalori dengan Lari Cepat

2. Setelah olahraga

Tubuh jauh lebih mendambakan air dingin setelah berolahraga. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam The North American Journal of Medical Sciences, air dingin tidak hanya mengurangi rasa sakit dan peradangan, tetapi juga memberikan dorongan terhadap hampir semua sistem dalam tubuh.

"Sebab semakin cepat kita menurunkan suhu tubuh setelah beraktivitas, pemulihan akan semakin baik," kata Casa.

Ilustrasi berkeringat setelah olahragaDeanDrobot Ilustrasi berkeringat setelah olahraga

Lebih jelasnya, ketika kita berolahraga di bawah terik matahari, sirkulasi darah akan dibagi untuk kulit, otot dan jantung. Ke jantung untuk menjaga keluaran jantung, ke otot untuk membantu kita latihan dan ke kulit agar tubuh bisa mendinginkan diri setelahnya.

Jika salah satu faktor tersebut (mendinginkan diri lewat kulit) kita ambil alih dengan mandi air dingin, maka tubuh dapat mengirim kembali darah ke area-area penting lain, seperti perut dan usus kita.

"Sehingga, tubuh dapat menangani hidrasi dan nutrisi dengan lebih baik. Kelelahan kita juga dapat berkurang di hari berikutnya," kata dia.

Baca juga: Mengenal Hiperhidrosis, Kondisi Keringat Berlebih Parah

Co-owner studio ReCOVER di New York dan personal trainer berseritifkasi, Aaron Drogoszewski menjelaskan, mandi air dingin juga menyebabkan vasokonstriksi, yaitu ketika pembuluh darah menjadi lebih sempit dan bersama dengan jantung perlu bekerja lebih keras untuk melanjutkan aliran darah.

Peningkatan ini dapat memperkuat jantung dan pembuluh darah, menghasilkan sirkulasi yang lebih baik dalam jangka panjang.

"Peningkatan sirkulasi memberi manfaat bagi kesehatan dan pemulihan dan melancarkan pengeluaran produk sisa metabolisme yang berhubungan dengan olahraga, seperti asam laktat lebih efisien," paparnya.

3. Manfaat untuk otak

Ketika mandi air dingin, ada sebuah kondisi dengan istilah hormesis. Pada dasarnya, hormesis adalah fenomena biologis di mana efek positif dihasilkan dari paparan dosis rendah dari sesuatu yang bisa menjadi negatif pada dosis yang lebih tinggi.

"Stresor terkontrol dalam dosis rendah seperti pembatasan oksigen, diet puasa, dan paparan air dingin, semua digunakan untuk merangsang respon hormon," kata Drogoszewski.

Selama paparan terjadi, hormon dan neurotransmitter menjadi tinggi sehingga mengarah ke peningkatan ketahanan fisiologis dan mental.

Baca juga: Hormon Stres Pengaruhi Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

4. Mengurangi depresi

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Medical Hypotheses, mandi air dingin selama hingga lima menit, dua atau tiga kali seminggu juga ditemukan dapat meredakan gejala depresi.

Paparan air dingin membantu menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X