Kompas.com - 21/07/2020, 12:24 WIB

KOMPAS.com - Pandemi membawa ketidakpastian dalam banyak hal, termasuk dalam hal finansial. Oleh karena itu, penghematan dalam beberapa hal sangat diperlukan agar kita selalu memiliki cukup simpanan untuk kemudian hari.

Penghematan juga bisa diterapkan saat berbelanja kebutuhan harian, baik di supermarket maupun online. Bagaimana caranya?

1. Pergi sendiri

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang pergi berbelanja sendiri cenderung membeli barang 65 persen lebih sedikit, daripada jika pergi bersama keluarga atau teman.

Kelompok konsumen dari Australia menemukan bahwa pasangan yang belanja bersama bisa berakhir dengan membeli lebih banyak barang, karena setiap orang punya pandangan berbeda tentang apa yang penting untuk dibeli.

Baca juga: Kebutuhan Anak Jadi Pengeluaran Terbesar Belanja Online Ibu Muda

2. Mendengarkan musik tenang

Berbelanja sendirian mungkin terasa sepi, nah cobalah sambil mendengarkan lagu menenangkan menggunakan headphone.

Psikolog konsumen dan pengajar senior di Deakin University, Paul Harrisons menjelaskan, mendengarkan musik menenangkan ketika belanja bisa membantu kita membuat keputusan yang lebih baik, daripada belanja dengan penuh terburu-buru atau terstimulasi.

3. Makan sebelum berbelanja

Menurut penelitian oleh Alison Jing Xu dari University of Minnesota, secara insting kita tidak akan bisa berbelanja bijak ketika lapar.

Halaman:
Sumber asiaone


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.