Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kick Avenue Jamin Hanya Jual Barang Original di Marketplace-nya

Kompas.com - 21/07/2020, 17:12 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Sudah bukan hal aneh jika orang melakukan jual beli sneaker lewat marketplace yang tersedia secara online saat ini. Bahkan sangat banyak marketplace bisa kita temukan di internet.

Sayangnya pertumbuhan marketplace ini juga dibarengi banyaknya barang palsu yang beredar. Masalahnya, beberapa marketplace tidak meneliti barang yang dijual secara cermat, sehingga pembeli kadang tertipu barang palsu.

Oleh karenanya, bila ingin membeli sneaker asli, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah marketplace-nya. Marketplace yang baik tidak akan membiarkan lapaknya dipakai untuk berjualan barang palsu.

Nah, salah satu marketplace yang menjamin barang-barang yang dijual di tempatnya adalah barang original adalah Kick Avenue.

Walau baru berusia 3 tahun, Kick Avenue yang tersedia pada aplikasi iOS dan Android, telah melakukan lebih dari 50.000 transaksi sneakers, streetwear dan handbags sejak didirikan pada tahun 2017.

Transaksi tersebut didominasi oleh pembelian sneakers dengan berbagai brand, diantaranya 79% Nike Jordan, 15% Adidas, 4% Vans dan 2% brand lainnya (Supreme, BAPE, Off-White).

Menurut Kick Avenue, semua produk yang dijual telah melewati proses autentifikasi untuk memastikan keaslian produk, sehingga akan tercipta marketplace yang aman dan efisien bagi para sneakerhead.

“Kami selalu melakukan proses autentifikasi kepada para penjual untuk memastikan produk yang terjual di platform kami 100% original," kata Christopher Eko, CEO Kick Avenue melalui keterangan pers, Selasa (21/7/2020).

Bagaimana bila ada penjual yang menawarkan produk palsu di sana?

Menurut Eko, apabila ditemukan produk yang tidak original maka tim Kick Avenue akan melakukan refund secara otomatis kepada pembeli.

Kick Avenue juga menerapkan pembayaran dengan akun escrow untuk menjamin pembayaran hanya akan diterima penjual setelah kedua belah pihak mencapai harga kesepakatan, sehingga akan tercipta proses transaksi yang transparan dengan kisaran harga produk yang sehat.

"Dari 50.000 transaksi yang kami lakukan, kami menemukan 500 - 600 produk sneakers tidak original yang langsung kami kembalikan kepada penjual, dan pembayaran secara otomatis kami refund kepada pembeli,” kata Eko.

Dengan cara ini, Kick Avenue berusaha menjawab keresahan pembeli dalam menghadapi permasalahan aftermarket, seperti garansi keaslian, harga yang kompetitif dan efisiensi pencarian produk.

Sementara, untuk menciptakan harga yang kompetitif, Kick Avenue membuat sistem marketplace juga mengadopsi sistem bursa, dimana harga produk yang terendah yang akan ditampilkan terlebih dahulu.

Sistem ini bertujuan agar konsumen mendapatkan sneakers dengan harga yang sesuai dengan harga pasaran dan dapat dijadikan acuan harga jual bagi user yang ingin menjual koleksi sneakersnya.

“Di dalam paket pembelian kami terdapat kartu garansi dengan nomor seri, tanggal verifikasi yang telah ditandatangani oleh verifikator sehingga dijamin aman dan original. Kami juga memberlakukan transparansi harga untuk ribuan database penjual yang ada di platform kami, karena barang-barang hypebeast seperti ini sangat rawan untuk dilakukan pemalsuan dan permainan harga” ujar Christopher Eko.

Baca juga: Merek Palsu Apa yang Paling banyak Dicari?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com