Pelajari Penyebaran Covid-19, Peneliti di Jerman Akan Gelar Konser

Kompas.com - 21/07/2020, 21:08 WIB
ilustrasi sxc.hu/John Nybergilustrasi

KOMPAS.com - Saat ini perhelatan besar seperti konser musik masih belum diadakan karena pandemi Covid-19.

Namun, peneliti di Jerman berencana mengadakan konser musik dengan mesin kabut, hand sanitizer, dan alat pelacak kontak virus untuk mengetahui apakah mengadakan acara indoor tanpa penyebaran virus corona memungkinkan.

Para ilmuwan dari Martin Luther University di Halle-Wittenberg mengajak 4.000 orang mendatangi stadion tertutup di Leipzig untuk menyaksikan penyanyi pop Jerman, Tim Bendzko pada 22 Agustus mendatang.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Dilarang Teriak Saat Naik Roller Coaster

Konser ini merupakan bagian dari proyek senilai 1,1 juta dollar AS yang disebut Restart-19.

"Kami berusaha mencari tahu apakah mungkin ada jalan tengah antara normal lama dan normal baru yang memungkinkan penyelenggara memasukkan banyak orang ke venue tanpa membuat 'kerugian'."

Begitu kata kepala penyakit menular klinis Martin Luther University, Stefan Moritz kepada The Guardian.

Di situs universitas, tertulis larangan kerumunan orang untuk membatasi penyebaran virus corona telah menjadi ancaman bagi banyak atlet dan seniman yang bergantung pada audiens mereka untuk mendapatkan penghasilan, menurut Deutsche Welle.

Awal bulan ini, Selandia Baru menjadi tuan rumah pertandingan rugby dengan 20.000 peserta, dan bulan lalu Presiden AS Donald Trump mengadakan rapat umum di Tulsa, Oklahoma, dengan sekitar 6.200 peserta.

Namun, seperti dilaporkan The Guardian, mayoritas perhelatan besar telah dibatalkan.

Orang yang berniat untuk berpartisipasi dalam Restart-19 harus berusia 18-50 tahun dan mendapat hasil negatif untuk tes virus corona 48 jam sebelum percobaan.

Para peserta nantinya akan wajib mengenakan masker, dan dijadwalkan menikmati pengalaman tiga konser.

Satu konser tanpa social distancing, satu dengan antrean masuk lebih lambat dan fokus pada kebersihan, serta satu konser di mana para peserta duduk berjauhan satu sama lain.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Wajib Lakukan 6 Hal Ini Saat Makan di Resto

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X