Kompas.com - 22/07/2020, 09:43 WIB
YouTuber Alex Crockford menjalani tantangan lari 5K setiap hari dalam sebulan. Instagram @alexcrockfordYouTuber Alex Crockford menjalani tantangan lari 5K setiap hari dalam sebulan.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi para pencinta olahraga, lari 5K alias 5km mungkin terdengar mudah. Namun, bagaimana jika jarak itu ditempuh setiap hari selama sebulan? 

Tantangan itu dilakukan oleh model kebugaran, pelatih dan YouTuber Alex Crockford. Meskipun Crockford merupakan profesional dan telah mengikuti banyak lomba maraton, ia belajar banyak dari tantangan yang dijalaninya.

Ketika menjalani tantangan itu, ternyata Crockford sudah sekitar tujuh bulan tidak lari sama sekali.

Di hari pertama, ia butuh waktu 29 menit untuk menyelesaikannya. Setelah menjalani tantangan hari pertama, Crockford merasakan lutut dan kakinya agak kurang nyaman, meskipun ia secara konsisten berlatih beban di pusat kebugaran.

YouTuber Alex Crockford menjalani tantangan lari 5K setiap hari dalam sebulan.Instagram @alexcrockford YouTuber Alex Crockford menjalani tantangan lari 5K setiap hari dalam sebulan.
Pada 10 hari pertama, Crockford mengatakan dirinya semakin cepat dan ringan, meskipun ia tidak berupaya meningkatkan durasi waktu larinya.

Meski begitu, waktu larinya makin cepat menjadi 25 menit dalam 10 hari pertama tersebut.

Selama menjalani tantangan, ia tidak berhenti melakukan latihan kekuatan. Menurut Crockford, durasi larinya berkurang setelah ia menjalani "leg day" (latihan beban kaki).

Di hari akhir tantangan, ia memacu dirinya sedikit lebih berat daripada sebelumnya sehingga waktu lari berkurang menjadi 23 menit.

Baca juga: Lari Setiap Hari Selama 3 Tahun, Apa yang Dirasakan Pria Ini?

Lalu, apa yang didapatkannya dari menjalani tantangan selama sebulan penuh?

Crockford mengatakan dirinya sudah memiliki masalah lutut dalam setahun terakhir dan sempat khawatir tantangan itu akan membuat kondisi lututnya semakin parah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.