Fakta soal Diet Puasa yang "Mujarab" Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 22/07/2020, 10:46 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun kita tentu telah menemukan banyak tips dan trik untuk menjadi bugar dan sehat. Termasuk untuk menurunkan berat badan.

Mulai dari jangan makan makanan tertentu, berolahraga dengan cara tertentu, atau berhenti makan makanan berlemak, -misalnya.

Daftar semacam ini tentu tak akan ada habisnya, terutama ketika menyempit tentang apa yang harus dan jangan dilakukan terkait upaya itu. 

Baca juga: Jennifer Aniston Pilih Diet Puasa untuk Tetap Langsing

Pemahaman umum yang selama ini dikenal adalah, demi mendapatkan penurunan berat badan yang optimal, maka kita harus memadukan diet yang sehat dengan gaya hidup aktif.

Jelas, tidak ada solusi "satu atap' atau pun pilihan instant untuk hal itu.

Namun, penelitian yang terbaru membuktikan bahwa kunci utama dalam menurunkan berat badan mungkin tidak terletak pada diet tertentu.

Sebab kesuksesan ada pada cara kita memoderasi dan mempertahankan diet tersebut, dengan pembatasan waktu makan menjadi hal yang benar-benar penting.

Sebuah penelitian yang digagas oleh para peneliti di University of Chicago, Illinois, Amerika Serikat mengungkap, mengikuti diet ketat waktu dapat menjadi pendekatan yang baik untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat.

Hasil yang sama telah dipublikasikan dalam laporan 'Cell Metabolism'.

Untuk hal yang sama, peserta yang terlibat dalam penelitian ini mempraktikkan dua versi puasa intermiten.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X