Tips Pertama Kali Kemping Bersama Anak

Kompas.com - 22/07/2020, 15:12 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Melakukan kegiatan di alam terbuka kini menjadi pilihan yang lebih aman dan juga menyenangkan di masa pandemi. Kemping bersama keluarga merupakan aktivitas yang tepat untuk pengisi liburan akhir pekan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dari kegiatan ini, mulai dari melatih kemandirian, belajar lebih dekat dengan alam, hingga belajar bekerja sama.

Untuk kamu yang ingin mencobanya, berikut adalah tips berkemah bersama si kecil untuk yang baru pertama kali melakukannya:

1. Beri ruang untuk diri sendiri

Pertama kali membawa anak-anak untuk berkemah mungkin akan membuatmu kehilangan ketenangan.

Untuk itu pilihlah tempat berkemah yang jauh dari perkemahan orang lain. Selain untuk menjaga jarak aman demi terhindar dari covid-19, kehadiran anak-anak juga ditakutkan akan mengganggu orang lain yang sedang berkemah.

Baca juga: Rasakan Efek Terapeutik dengan Berada di Alam

2. Hindarkan anak dari bermain gawai

Upayakan agar anak tidak mengakses gawai saat sedang berkemah.  Ajak anak menikmati alam dengan berjalan-jalan ke hutan, main air di sungai, atau mengajak mereka membuat api unggun dan membakar jagung manis serta Marshmallow.

3. Mulai dari hal yang kecil

Pilihlah tempat yang tak menguras energi si kecil untuk menuju lokasi perkemahan. Kamu juga bisa melihat ramalan cuaca agar saat bepergian, dan pilih saat cuaca bersahabat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X