Seberapa Sering Harus Berolahraga demi Panjang Umur?

Kompas.com - 22/07/2020, 19:24 WIB
Ilustrasi olahraga push up ElNarizIlustrasi olahraga push up

KOMPAS.com - Rutin berolahraga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lebih jauh, sebuah penelitian yang dipublikasikan di The BMJ menemukan bahwa kombinasi olahraga aerobik dan latihan kekuatan dalam jumlah tertentu dapat menurunkan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit pernapasan bawah kronis, penyakit Alzheimer, hingga diabetes, hingga 40 persen.

Lalu, seberapa sering kita perlu berolahraga?

Baca juga: Olahraga Lari Bisa Turunkan Risiko Kanker dan Kematian Dini

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 150 menit olahraga intensitas ringan-moderat atau 75 menit olahraga intensitas berat per minggu.

Disarankan pula melakukan latihan penguatan otot setidaknya dua kali dalam seminggu.

Namun sebuah penelitian yang diterbitkan di The BMJ menunjukkan, bahwa angka tersebut sudah cukup untuk membantu kita hidup lebih lama.

Jika menggabungkan keduanya secara rutin, maka hasilnya mungkin akan lebih baik.

Tim peneliti internasional melihat data dari National Health Interview Survey, terhadap sebuah studi selama 17 tahun dengan hampir setengah juta peserta dewasa di Amerika Serikat.

Mereka mengumpulkan data tentang berbagai penanda dan perilaku kesehatan, termasuk aktivitas aerobik dan penguatan otot.

Para peneliti membandingkan perilaku tersebut dengan kematian karena delapan penyebab spesifik, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit saluran pernapasan bawah kronis, kecelakaan, cedera, penyakit Alzheimer, dan diabetes.

Baca juga: Kenali, Olahraga yang Baik demi Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X