Lindungi Keamanan Anak Saat Online

Kompas.com - 23/07/2020, 08:31 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah. ShutterstockIlustrasi kerja dari rumah.

KOMPAS.com – Durasi anak-anak menggunakan internet meningkat drastic selama pandemic. Kini setiap hari anak harus online untuk bersekolah, menghubungi teman, atau mencari hiburan.

Kemudahan itu juga membuat anak-anak menghadapi risiko yang juga dimiliki orang dewasa.

Sebagai contoh, pada April lalu, Google menemukan sekitar 18 juta malware (perangkat lunak yang menyusup ke sistem computer untuk merusak) dan upaya phising (mengambil data seseorang secara online dari perangkat yang berbeda) terkait Covid-19, serta lebih dari 240 juta pesan spam, di seluruh dunia setiap harinya.

Anak-anak adalah kelompok yang rentan kejahatan online karena mereka bisa dengan mudah percaya pada seseorang yang “dianggap teman” di dunia maya.

Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh tanggal 23 Juli, Google dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Yayasan Sejiwa meluncurkan program Tangkas Berinternet.

Program Tangkas Berinternet merupakan program global literasi digital dan keamanan online yang dijalankan oleh Google untuk meningkatkan keamanan berinternet anak-anak.

Program tersebut memuat beberapa materi ajar untuk guru dan orangtua, situs terkait literasi digital, dan permainan berbasis web yang dapat membantu mengajarkan konsep literasi digital kepada anak dengan bantuan guru dan orangtua.

Baca juga: 5 Cara Aman Berinternet

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, mengatakan perlindungan dan pemenuhan hak anak harus diwujudkan kapan saja dan di mana saja, tak terkecuali dalam berinternet.

“Bagi orangtua, dampingilah anak-anak selama berinternet. Jadikan mereka partner diskusi yang setara sehingga mereka memahami sisi positif dan negative dari internet,” katanya.

Sementara bagi guru, ia meminta agar internet bisa dimanfaatkan maksimal sebagai sarana interaksi dan edukasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X