Covid-19 Masih di Sekitar Kita, Jangan Lengah Jaga Kesehatan

Kompas.com - 23/07/2020, 10:22 WIB
Ilustrasi olahraga mengenakan masker shutterstockIlustrasi olahraga mengenakan masker

KOMPAS.com – Walau uji klinis vaksin Covid-19 sudah memasuki tahap ketiga, namun kita tidak boleh lengah menerapkan protokol kesehatan. Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat merupakan kunci untuk terhindar dari penyakit.

Para ilmuwan mengingatkan, walau vaksin sudah hampir siap, tetapi Covid-19 kemungkinan akan berada di bumi dalam jangka waktu sangat lama. Polio merupakan contoh penyakit yang belum hilang walau vaksinnya sudah ada, karena cakupan imunisasi belum merata.

Senior Director Worldwode Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, mengatakan, kebiasaan untuk melindungi diri dari penyakit sudah menjadi gaya hidup baru baru yang harus terus dipertahankan.

“Pentingnya cuci tangan, memakai masker saat keluar rumah, serta menjaga jarak dengan orang lain, merupakan kebiasaan baru masyarakat dunia,” kata Bowerman dalam siaran pers.

Selain menjaga kebersihan diri dan menjaga jarak, ia juga mengingatkan pentingnya memenuhi nutrisi yang sehat dan olahraga teratur.

Baca juga: Memasuki Fase Kehidupan Adaptasi Kebiasaan Baru, Masih Perlukah Konsumsi Vitamin?

Selama pandemi, banyak orang yang menyediakan makanan cepat saji atau olahan yang awet disimpan lama. Namun, jika dikonsumsi terus menerus bisa berdampak bagi kesehatan dan juga menyebabkan kenaikan berat badan karena berkalori tinggi.

“Makanan yang sesuai dengan selera Anda tidak selalu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan nutrisi harian kita sangat bergantung pada pilihan makanan yang dikonsumsi sehari-hari,” katanya.

Berikut adalah beberapa kelompok makanan yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

- Protein
Protein dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tulang, otot, jaringan ikat dan rambut. Tubuh juga membutuhkan protein untuk memproduksi protein khusus seperti antibody, enzim, hormone, dan masih banyak lagi.

- Antioksidan flavonoid
Flavonoid adalah kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, tetapi khususnya dalam teh, coklat, apel, beri, dan anggur.

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Nabati dengan Kandungan Protein Setara Daging

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X