Cukup 3 Langkah Sederhana untuk Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 23/07/2020, 17:30 WIB
Samsung Hadirkan Aplikasi ?Hand Wash? Yang Bisa Bikin Pengguna Galaxy Watch Rajin Cuci Tangan SamsungSamsung Hadirkan Aplikasi ?Hand Wash? Yang Bisa Bikin Pengguna Galaxy Watch Rajin Cuci Tangan

KOMPAS.com - Jika kita mencuci tangan secara teratur, mengenakan masker wajah, dan menjaga jarak sosial satu sama lain, maka sebagian besar potensi penyebaran Covid-19 akan terhenti.

Ketiga  perilaku sederhana ini dapat amat efektif menghentikan rantai penyebaran virus corona, bahkan tanpa vaksin atau perawatan tambahan.  

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Selasa (21/8/2020) dalam jurnal PLoS Medicine, mengungkapkan model dan upaya pencegahan yang dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Anak Menolak Pakai Masker? Coba 5 Tips Berikut

Tingkat kontak dalam penelitian ini didasarkan pada interaksi orang-orang di Belanda, tetapi model ini sesuai untuk negara-negara Barat lainnya.

Demikian diungkapkan para peneliti di University Medical Center Utrecht, Belanda, seperti dilansir laman CNN.

"Epidemi besar dapat dicegah jika ketaatan atas tindakan tersebut melebihi 50 persen," sebut para peneliti.

Namun, jika publik sempat lambat sebelum pada akhirnya mengubah perilaku, hal itu tetap dapat mengurangi jumlah kasus, tetapi tidak menunda puncak kasus.

Jika Pemerintah tutup lebih awal, tetapi tidak ada yang mengambil langkah-langkah perlindungan pribadi tambahan, hal ini akan menunda, tetapi tidak mengurangi puncak dalam kasus.

Baca juga: 4 Cara Mudah Ajak Balita Cuci Tangan dengan Benar

Intervensi tiga bulan akan menunda puncak penyebaran virus, atau paling lama tujuh bulan. Demikian bunyi kesimpulan dalam penelitian itu.

Jika jarak fisik yang diimbau Pemerintah dikombinasikan dengan kesadaran akan penyakit dan langkah-langkah personal, maka ketinggian puncak pandemi dapat dikurangi.

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X