Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2020, 17:30 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber CNN

KOMPAS.com - Jika kita mencuci tangan secara teratur, mengenakan masker wajah, dan menjaga jarak sosial satu sama lain, maka sebagian besar potensi penyebaran Covid-19 akan terhenti.

Ketiga  perilaku sederhana ini dapat amat efektif menghentikan rantai penyebaran virus corona, bahkan tanpa vaksin atau perawatan tambahan.  

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Selasa (21/8/2020) dalam jurnal PLoS Medicine, mengungkapkan model dan upaya pencegahan yang dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Anak Menolak Pakai Masker? Coba 5 Tips Berikut

Tingkat kontak dalam penelitian ini didasarkan pada interaksi orang-orang di Belanda, tetapi model ini sesuai untuk negara-negara Barat lainnya.

Demikian diungkapkan para peneliti di University Medical Center Utrecht, Belanda, seperti dilansir laman CNN.

"Epidemi besar dapat dicegah jika ketaatan atas tindakan tersebut melebihi 50 persen," sebut para peneliti.

Namun, jika publik sempat lambat sebelum pada akhirnya mengubah perilaku, hal itu tetap dapat mengurangi jumlah kasus, tetapi tidak menunda puncak kasus.

Jika Pemerintah tutup lebih awal, tetapi tidak ada yang mengambil langkah-langkah perlindungan pribadi tambahan, hal ini akan menunda, tetapi tidak mengurangi puncak dalam kasus.

Baca juga: 4 Cara Mudah Ajak Balita Cuci Tangan dengan Benar

Intervensi tiga bulan akan menunda puncak penyebaran virus, atau paling lama tujuh bulan. Demikian bunyi kesimpulan dalam penelitian itu.

Jika jarak fisik yang diimbau Pemerintah dikombinasikan dengan kesadaran akan penyakit dan langkah-langkah personal, maka ketinggian puncak pandemi dapat dikurangi.

Bahkan, setelah pemerintah memberlakukan pencabutan imbauan jarak sosial.

"Selain itu, efek kombinasi tindakan yang dikenakan sendiri adalah aditif," tulis para peneliti.

"Secara praktis, ini berarti bahwa Covid-19 tidak akan menyebabkan wabah besar di negara di mana 90 persen populasi menerapkan kebiasaan cuci tangan dan jarak sosial, yang berdampak hingga 25 persen."

Dengan temuan dalam penelitian ini, para ilmuwan berpendapat, Pemerintah harus mendidik masyarakat tentang bagaimana virus corona menyebar.

Setelah itu, Pemerintah bertanggung jawab meningkatkan kesadaran tentang peran penting dari menjaga jarak, mencuci tangan, dan juga mengenakan masker.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com