Anak Alami Gangguan Mental, Ini Yang Bisa Dilakukan Orangtua

Kompas.com - 23/07/2020, 18:57 WIB
Ilustrasi anak shutterstockIlustrasi anak
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan fisik anak di tengah pandemi sangat penting. Namun kesehatan mental mereka juga tidak boleh diabaikan.

Psikolog anak di Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, Annelia Sani Sari mengatakan, banyak orangtua masih belum menyadari kondisi kesehatan mental anak mereka.

"Padahal ketika seorang anak mengalami gangguan mental seringan apa pun namun tidak diatasi, maka hal itu akan menyentuh berbagai aspek, seperti bagaimana cara ia bersosialisasi."

Demikian kata Annelia dalam diskusi media virtual "#HaloTalks: Gangguan Mental pada Anak, Musuh yang Tak Terlihat" pada hari Kamis (23/7/2020).

Gangguan mental pada anak, kata dia, hampir tidak diketahui, dan sulit membedakannya sebagai fluktuasi perilaku di masa remaja atau gangguan mental.

Asaelia Azeela, Co-founder Ubah Stigma, komunitas yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan mental menyebut, sebagian besar kondisi gangguan mental pada anak yang ditemukan adalah gejala depresi dan kecemasan.

"Kebanyakan yang kami temukan di lapangan, anak-anak mengalami gejala depresi dan kecemasan."

"Sumbernya berasal dari masalah keluarga, dan dampaknya mereka kehilangan konsentrasi saat belajar dan penurunan nilai akademis," kata Asaelia.

Ketika mengalami gangguan mental, anak tidak bisa mengatur emosi dan mengatasi konflik, sehingga mereka cenderung memiliki kepribadian yang tertutup.

"Kami juga menemukan banyak anak yang menyakiti diri sendiri secara fisik," tutur Asaelia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X