Ketahui Manfaat Membiarkan Anak Bermain

Kompas.com - 23/07/2020, 19:38 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain

KOMPAS.com -  Sebagai orangtua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Tak jarang, orangtua kemudian berpikiran bahwa bermain hanyalah membuang waktu anak, yang seharusnya bisa digunakan untuk belajar atau istirahat.

Namun rupanya, ada manfaat positif dari bermain lho. Hal ini diungkapkan oleh psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. Menurutnya, bermain memiliki banyak manfaat yang bahkan tak didapatkan di bangku sekolah.

“Dengan bermain, anak bisa memperkaya wawasan tentang solusi masalah. Anak jadi punya ide-ide tentang cara menyelesaikan masalah,” ujar Anna dalam bincang virtual Pentingnya Manfaat Bermain Bagi Tumbuh Kembang Anak lewat #PaddlePopMainYuk, Rabu (22/7/2020).

Selain menemukan cara untuk mengatasi sebuah peramasalahan, bermain juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

“Anak bisa meningkatkan rasa keberhasilan, misalnya sudah bisa membuat menara yang lebih tinggi dari yang kemarin. Dia merasa ‘yes berhasil’ dan bisa meningkatkan rasa percaya diri,” ujar Anna lagi.

Baca juga: 4 Manfaat Bermain di Alam Bebas untuk Tumbuh Kembang Anak

Bermain juga bisa meningkatkan koordinasi motorik kasarnya yakni mengkoordinasikan tangan dan kaki serta motorik halus dengan mengkoordinasikan jari-jarinya.

Bila anak bermain bersama teman-temannya, manfaat lain juga bisa didapatkan, yakni meningkatnya kemampuan anak untuk bersosialisasi.

Untuk itu Anna berharap agar orangtua memberikan waktu pada anak untuk bermain sendiri, bersama teman, atau bisa juga bermain bersama orangtua.

“Kadang memang orangtua menganggap main itu adalah buang-buang waktu, jadi mendingan anak les, belajar, tidur. Padahal bermain banyak sekali manfaatnya,” ujar Anna.

Baca juga: Demi Kesehatan Mental, Anak Perlu Bermain Bersama Teman-temannya



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X