Kompas.com - 23/07/2020, 22:08 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Dunia anak adalah dunia bermain. Lewat bermain, anak bisa melatih berbagai gerakan tubuhnya, merangsang kecerdasannya, hingga belajar bersosialisasi.

Membiarkan anak bermain rupanya mendatangkan banyak manfaat. Menurut psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, bermain memiliki banyak manfaat yang bahkan tak didapatkan di bangku sekolah.

Manfaat yang didapat antara lain:

  • Memperkaya wawasan tentang mencari solusi dari suatu masalah
  • Meningkatkan rasa percaya diri karena keberhasilan yang didapat saat bermain
  • Meningkatkan koordinasi motorik kasarnya yakni mengkoordinasikan tangan dan kaki serta motorik halus dengan mengkoordinasikan jari-jarinya.
  • Meningkatnya kemampuan anak untuk bersosialisasi

Selain manfaat di atas, kata Anna, bermain juga bisa menjadi cara mengatasi stres karena saat bermain anak bisa melihat ada hal-hal yang positif dan menyenangkan di luar stres atau ketakutannya.

“Ada juga penelitian yang menyebutkan, ternyata ketika anak bermain itu adalah strategi anak untuk menghadapi masalah,” ujar Anna dalam bincang virtual Pentingnya Manfaat Bermain Bagi Tumbuh Kembang Anak lewat #PaddlePopMainYuk, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Orangtua, Biarkan Anak Belajar dan Bermain Sendiri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga mengalami stres karena banyaknya tugas sekolah yang menumpuk dan tuntutan-tuntutan lain yang harus dipenuhi.

“Ketika dia terus-terusan ditekan dengan tuntutan-tuntutan itu, kita bayangkan dia seperti karet, ketika ditegangkan terus-terusan,” kata Anna.

“Tapi ketika karet ini dilonggarkan, dibikin santai, di situlah anak jadi bisa lebih efektif lagi,” imbuhnya.

Dengan bermain, anak akan bisa mengatasi masalah yang mereka alami. Misalnya si kecil yang kesal karena dimarahi oleh kedua orangtuanya, ia akan memarahi bonekanya di kamar.

“Itu adalah proses dimana dia bisa mengekspresikan emosinya, itu bisa membuat mental menjadi sehat,” ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.