Anak Jenuh Sekolah di Rumah, Orangtua Harus Berbuat Apa?

Kompas.com - 24/07/2020, 08:55 WIB
ilustrasi anak belajar shutterstockilustrasi anak belajar

KOMPAS.com - Aktivitas belajar di rumah selama masa pandemi tak hanya memunculkan sejumlah kendala, tetapi juga menimbulkan kejenuhan pada beberapa anak.

Jika kondisi ini terjadi pada anak kita, apa yang harus dilakukan orangtua?

Psikolog Anak dan Keluarga sekaligus Prasktisi Theraplay, Astrid WEN, M. Psi mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan sebetulnya adalah kondisi kesehatan mental orangtua terlebih dahulu.

Baca juga: Proses Belajar Jarak Jauh di Indonesia Bermasalah, Apa Solusinya?

"Stres tinggi enggak orangtuanya? Jadi stres orangtua harus diturunkan dulu."

Demikian diungkapkan Astrid dalam webinar bertajuk "Lindungi Anak Indonesia dengan Daya Tahan Tubuh yang Optimal" bersama Kalbe, Kamis (23/7/2020).

Astrid menambahkan, stres pada orangtua bisa muncul salah satunya karena adanya tuntutan sekolah yang tidak sejalan dengan kesiapan para orangtua dalam menjadi guru atau fasilitator anak untuk belajar di rumah.

Jika target dari sekolah memang terlalu tinggi, biasanya orangtua murid lain juga mengeluhkan hal yang sama.

Ketika masalahnya sudah ditemukan, para orangtua murid bisa mengomunikasikannya pada pihak sekolah dan menjari jalan keluar agar target pembelajaran dapat disesuaikan kembali.

"Jadi ada diskuai antara sekolah dan orangtua. Sekolah juga bisa aware bahwa perlu ada edukasi, kesabaran baik dari pihak orangtua maupun sekolah untuk memfasilitasi kebutuhan belajar anak," tuturnya.

Selain tingginya ekspektasi sekolah, orangtua juga perlu menyesuaikan ekspektasinya terhadap kemampuan anak hingga di titik kesehatan mental mereka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X