Pengaruh Secangkir Kopi terhadap Detak Jantung

Kompas.com - 24/07/2020, 10:32 WIB
Ilustrasi kopi dan kesehatan jantung shutterstockIlustrasi kopi dan kesehatan jantung
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Secangkir kopi dapat memberikan energi di pagi hari sebelum kita beraktivitas.

Tetapi apakah minum kopi setiap hari baik bagi kesehatan jantung, atau justru dapat memengaruhi detak jantung menjadi tidak teratur?

Dalam sebuah studi yang disajikan sebagai bagian dari pertemuan online Heart Rhythm Society, para peneliti melihat data pada lebih dari 350.000 orang di UK Biobank.

UK Biobank adalah badan amal terdaftar dengan tujuan meningkatkan pencegahan, diagnosis, dan pengobatan berbagai macam penyakit seperti kanker, jantung, stroke, diabetes, radang sendi, osteoporosis, gangguan mata, depresi dan demensia.

Setiap peserta memberikan sampel darah, urin, dan air liur secara teratur, serta rincian tentang kebiasaan dan riwayat medis mereka.

Studi ini berfokus pada jumlah kondisi aritmia (detak jantung tidak teratur) serta konsumsi kopi peserta.

Aritmia terjadi ketika laju atau irama detak jantung tidak dalam kondisi normal, dan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pembekuan darah.

Baca juga: Sogi Indra Dhuaja Derita Aritmia Jantung, Penyakit Apakah Itu?

Para peneliti mencatat, konsumsi satu hingga empat cangkir kopi per hari dikaitkan dengan kondisi aritmia yang lebih rendah, kata ketua peneliti Eunjeong Kim, MD, rekan klinis kedokteran di University of California, San Francisco, kepada Runner's World.

"Pesan utama penelitian kami adalah: tidak berbahaya untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang terkait risiko aritmia secara keseluruhan," katanya.

Jumlah konsumsi kopi yang disarankan untuk menurunkan risiko aritmia adalah satu hingga dua cangkir, dan risiko akan terlihat jika kita meminum lima cangkir kopi dalam sehari, menurut studi tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X