Apakah Ibu Hamil Bebas Minum Kopi?

Kompas.com - 27/07/2020, 16:29 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Saat sedang hamil, banyak sekali asupan yang disebut sebagai pantangan, baik demi kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan.

Lantas bagaimana dengan kopi? Minuman ini, dalam berbagai kemasan, jenis, dan cara penyajian tengah menjadi kian hits dalam kehidupan warga modern di kota-kota besar.

Emily Oster, seorang profesor bidang ekonomi dari University of Chicago beberapa tahun lalu, pernah memberikan pandangan personalnya tentang hal ini.

Dia mengatakan, ibu hamil bisa meminum kopi. Emily mengaku mengungkapkan pandangan ini dengan niat untuk menghilangkan mitos berlebih soal ibu hamil.

Baca juga: Ibu Hamil yang Rutin Berolahraga Menghasilkan ASI yang Lebih Sehat

Emily pun ingin memberikan pendekatan yang lebih santai terkait kehamilan, dalam dalam bukunya Expecting Better.

Seperti dilansir laman Daily Mail, dalam buku itu Emily menyatakan, meminum kopi yang jumlah banyak juga tidak akan membahayakan bayi.

Emily bahkan mengatakan, perempuan berhak memutuskan apa yang terbaik untuk diri mereka sendiri.

"Sebenarnya ukuran seberapa banyak kopi, bisa dilakukan berdasarkan keinginan ibu hamil,” ujar dia.

Bahasan yang dia ulas dalam bukunya tersebut, berawal dari masa kehamilannya, di mana ia sempat disarankan untuk mengurangi kebiasaannya minum kopi empat cangkir sehari.

Saat itu Emily mengaku merasa frustrasi dengan banyaknya aturan untuk ibu hamil. Dia lalu memutuskan untuk mengabaikannya.

Baca juga: Mungkinkah Ibu Hamil Atasi Munculnya Stretch Mark? Simak Tips-nya

Halaman:


Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X