Hati-hati, 4 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Kulit Wajah

Kompas.com - 27/07/2020, 19:35 WIB
Ilustrasi jerawat SrisakornIlustrasi jerawat

KOMPAS.com - Selama ini kamu sudah mengonsumsi makanan sehat, memenuhi kebutuhan tidur, hingga tak pernah melewatkan memakai tabir surya.

Tapi, kok kulit wajah masih terlihat kusam dan bahkan berjerawat ya? Jika ini terjadi, kemungkinan penyebabnya adalah empat kebiasaan berikut ini – yang sering dilakukan tapi tanpa disadari berpengaruh pada kesehatan kulit.

1. Tidur tengkurap atau menyamping

Tidur dengan posisi tengkurap dapat memengaruhi kualitas kulit pada individu tertentu.

Karena posisi ini mengharuskan menempatkan wajah kita langsung di atas bantal, itu membuat kulit kita terkena gesekan langsung sepanjang malam, belum lagi kotoran dan bakteri di sarung bantal juga akan menempel di kulit wajah.

Begitu pun dengan tidur menyamping, yang berisiko menimbulkan kerutan pada kulit wajah.

"Jika kamu sering tidur menyamping, kamu akan melihat kerutan yang lebih dalam di satu sisi wajah yang menyamping setiap malam, serta kerutan vertikal di pipi dan dagu," kata Joel Schlessinger, seorang dokter kulit bersertifikat.

Baca juga: Paparan Sinar dari Layar Gawai Bisa Merusak Kulit, Apa Sebabnya?

2. Tidak membersihkan layar ponsel

Kulit berjerawat hanya di satu sisi wajah? Kemungkinan terkait dengan ponsel yang kamu pakai.

Mungkin masih banyak orang yang berpikir bahwa pemicu munculnya jerawat adalah bakteri. Namun nyatanya tidak demikian.

“Hal lain yang bisa menyebabkan jerawat adalah kotoran yang menumpuk di layar ponsel,” menurut Dr. Estee Williams, seorang dokter kulit bersertifikat di New York.

Kulit wajah dapat mengandung minyak, kotoran, dan make-up yang dengan mudah dapat menempel pada permukaan ponsel, dan tentu itu semua akan terus menupuk jika kita tidak pernah membersihkan ponsel.

"Jika ada banyak penumpukan kotoran di permukaan ponsel, lalu kemudian kotoran tersebut menempel kembali di kulit wajah, maka secara teoritis itu dapat menyumbat pori-pori, yang selanjutnya akan memicu jerawat, tetapi itu bukan karena bakteri," jelas Williams.

Baca juga: Tips Memakai Kosmetik Waterproof agar Tak Merusak Kulit

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X