Cara Membedakan Gejala Serangan Jantung dan Maag

Kompas.com - 28/07/2020, 08:36 WIB
Ilustrasi serangan jantung, jantung berdebar ShutterstockIlustrasi serangan jantung, jantung berdebar

KOMPAS.com - Serangan jantung memiliki beberapa gejala umum, seperti nyeri dada seperti ditindih yang disertai keringat dingin, sesak napas, hingga sakit ulu hati.

Untuk gejala ketiga, yakni sakit di ulu hati, seringkali membuat orang salah mengenali. Tidak sedikit yang menganggapnya gejala penyakit jantung koroner, namun ternyata penyakit maag dan sebaliknya.

Lalu, bagaimana cara awam membedakan gejalanya?

Dokter Spesialis Jantung Intervensi dari Rumah Sakit Immanuel Bandung, dr. Edwin Setiabudi, Sp.PD., KKV-FINASIM menjelaskan, pembuluh darah koroner dalam tubuh memiliki dua cabang yang mengarah ke kiri dan ke kanan.

Baca juga: Bagaimana Diet Sehat untuk Mencegah Kerusakan Jantung?

Gejala yang ditimbulkan jika aliran pembuluh darah tersebut tersumbat memiliki perbedaan.

Jika gejala yang dialami adalah sesak napas, atau nyeri dada depan, punggung dan area ketiak lengan kiri, maka penyumbatan terjadi pada pembuluh darah koroner sebelah kiri.

"Yang ke sebelah kiri tugasnya adalah mengaliri (darah ke) otot jantung untuk memompa."

Demikian diungkapkan oleh dr. Edwin dalam sesi webinar bertajuk "Dislipidemia dan Hipertensi sebagai Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner serta Program Screening Kesehatan", Senin (27/7/2020).

Sementara pembuluh darah koroner sebelah kanan lokasinya menempel dengan lambung. Sehingga ketika terjadi penyumbatan, banyak orang kerap salah mengenalinya dan mengira itu sebagai penyakit maag atau sebaliknya.

Otak kita sebetulnya akan menangkap adanya permasalahan di area tubuh tersebut, namun otak tidak memahami bagian mana yang sebenarnya bermasalah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X